Tips Membina Hubungan Baik Antara Anak-anak dan Anjing


Pertanianku – Begitu spesialnya sebuah ikatan antara seorang anak dan seekor anjing. Anak-anak tidak hanya memberikan cinta dan perhatian, tetapi juga bisa menjadi guru dan menunjukkan tanggung jawabnya dalam hal mengasuh. Hasil penelitian juga menunjukkan jika seorang anak tumbuh bersama binatang peliharan, ia akan lebih bisa menghargai dirinya sendiri dan mudah bersosialisasi dengan sesama.

Membina Hubungan Baik Antara Anak

Ada beberapa hal penting yang bisa Anda ikuti agar ikatan antara anak-anak dan anjing terjalin baik.

  1. Jangan tinggalkan anjing Andasendirian bersama anak di bawah umur 5 tahun. Anak yang masih kecil dapat menyakiti anjing di luar kesadarannya dan akibatnya bisa berbahaya.
  2. Berikan anjing Anda tempat yang tenang agar mempunyai jarak dari anak- anak yang suka membuat kegaduhan. Buatlah anak Anda mengerti, saat anjing kesayangannya sedang berada di dalam kandang/tempat tidur. Anjing sedang ingin beristirahat dan tidak ingin diganggu.
  3. Beri juga anak Anda pengertian kalau tingkah lakunya dapat mempengaruhi tingkah laku anjing kesayangannya. Ingatkan anak Anda jangan membuatgerakan tiba-tiba/mengejutkan, seperti menjerit, dan membuat suara-suara keras karena dapat menyebabkan anjing bersikap agresif.
  4. Ajari anak Anda agar tidak mengganggu anjing kesayangannya saat sedang makan.
  5. Jangan lupa buat anak Anda mengerti kalau anjing miliknya dengan anjing lain berbeda. Jika anjing kesayangannya di rumah suka dipeluk dan diajakbermain, belum tentu semua anjingdi luar rumahnya juga suka berteman dengan anak-anak. Jangan sampai anak Anda menghampiri sembarang anjing dan langsung memeluknya. Jika anak Anda telah berhasil memperkenalkan aturan-aturan dasar ini, perlahan akan terjalin hubungan baik antara anjing dan anak Anda. Anjing pun akan terus mengenangnya pada tahun-tahun mendatang.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...