Tips Membuat Campuran Tanah Pot yang Berkualitas


Pertanianku — Bagi Anda yang menyukai berkebun, menanam bunga atau jenis tanaman lain dengan media pot menjadi salah satu pilihan dalam variasi tatanan taman di halaman rumah. Akan tetapi, agar tanaman tumbuh dengan subur Anda perlu membuat campuran tanah pot yang berkualitas.

campuran tanah pot
Foto: Pixabay

Jenis tanah dalam media pot yang berkualitas pada umumnya memang dibanderol dengan harga murah dan mudah dijangkau. Namun sayangnya, tidak setiap tanaman cocok dengan jenis tanah yang dibeli di pasaran.

Oleh karena itu, Anda bisa mencampur sendiri tanah untuk tanaman pot Anda dan menentukan komposisinya sesuai jenis tanaman yang Anda miliki. Seperti yang dikutip dari eHow, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memiliki tanah pot yang berkualitas.

  • Pertama, Anda akan membutuhkan tanah untuk media pot yang bisa Anda beli di toko bunga. Tanah ini berfungsi sebagai dasar dari bahan-bahan yang akan Anda campurkan. Untuk takarannya, Anda bisa menentukan sesuai selera dan kebutuhan.
  • Kemudian, tambahkan tanah gambut dalam komposisi yang sama dengan tanah pot yang Anda beli. Tanah gambut mudah beterbangan, maka sebaiknya Anda membasahinya terlebih dahulu sebelum membuka kemasan tanah gambut dan mencampurnya dengan tanah pot.
  • Setelah itu, beri perlite atau vermiculite dalam komposisi yang sama dengan tanah pot di langkah pertama. Pilih salah satu antara perlite atau vermiculite karena keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai media tanam yang baik bagi pertumbuhan tanaman.
  • Aduk semua tanah hingga rata. Tambahkan air jika dirasa perlu.
  • Tambahkan sedikit pupuk, jangan terlalu banyak karena komposisi tanah Anda sudah termasuk subur. Tambahkan juga sedikit sari jeruk.
  • Terakhir, taruh komposisi tanah Anda ke dalam pot-pot yang siap ditanami bunga ataupun sayuran.

Jika tidak yakin dengan takaran yang akan digunakan, Anda bisa berkonsultasi dengan teman yang juga gemar berkebun atau anggota klub berkebun yang Anda ikuti. Jangan ragu untuk menjajal dan menemukan hal baru untuk membuat hobi berkebun Anda semakin menyenangkan.

Baca Juga:  Cara Menanam Buncis Tegak Tanpa Lanjaran