Tips Membuat Formula Pakan Ayam Ras Pedaging

PertaniankuPakan ayam ras pedaging dapat dibuat dari berbagai macam bahan alternatif yang memiliki harga cenderung lebih murah. Namun, sebelum membuat ramuan pakan ayam ras pedaging, peternak harus mengetahui dengan baik kebutuhan nutrien ayam. Pasalnya, setiap jenis ayam memiliki kebutuhan nutrien yang berbeda-beda.

pakan ayam ras pedaging
foto: pertanianku

Untuk mengetahui formula yang tepat dapat menggunakan program atau secara manual dengan teknik trial and error. Ragam formulasi tersebut disusun berdasarkan persentase dari setiap bahan baku yang berbeda-beda bergantung pada kebutuhan nutriennya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kandungan nutrien di setiap bahan baku yang digunakan.

Agar lebih jelas, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut untuk menyusun formula pakan ayam ras pedaging.

Loading...
  • Formula pakan yang menggunakan energi dan protein lebih tinggi biasanya akan menghasilkan efisiensi pakan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pakan yang mengandung nutien lebih rendah. Namun, pakan jenis ini biasanya akan lebih mahal.
  • Untuk meningkatkan efisiensi pakan menjadi lebih tinggi, gunakan pakan yang mengandung serat kasar yang lebih rendah.
  • Formulasi pakan yang rendah energi metabolis atau tinggi protein akan menghasilkan lemak abdomen (perut) lebih rendah.
  • Formula pakan yang mengandung protein lebih tinggi, tetapi kandungan energi metabolis sesuai standar, akan menghasilkan karkas yang lebih baik dan penurunan lemak karkas. Namun, biasanya pakan yang mengandung nutrien seperti ini relatif lebih mahal karena banyak menggunakan sumber protein yang harganya juga mahal.
  • Formula pakan yang menggunakan bahan herbal pada dosis tertentu dapat menghasilkan daging ayam yang rendah kolesterol.
  • Formula pakan yang menggunakan bahan baku pakan yang kaya akan omega-3 seperti minyak ikan lemura pada dosis tertentu dapat menghasilkan daging yang kaya akan kandungan omega-3 juga.
Baca Juga:  Cara Mengontrol Air Kolam Budidaya Belut

Formula pakan dapat dikatakan baik jika mampu diefisiensikan jumlah yang tinggi sehingga dapat memberikan keuntungan bagi peternak. Peternak juga dapat memanfaatkan potensi genetik secara maksimal dan membuat formula pakan yang mampu menghasilkan daging yang rendah lemak, rendah kolesterol, dan kaya omega-3 dengan teknik manipulasi pakan.

 

Loading...
Loading...