Tips Membuat Formula Pakan Itik

Pertanianku — Pakan merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi setiap saat agar pertumbuhan ternak berjalan dengan lancar. Formula pakan itik yang dibuat harus disukai oleh itik agar itik mau memakannya. Berikut ini beberapa tips membuat pakan itik yang bisa Anda ikuti.

formula pakan itik
foto: pertanianku

Formula pakan itik petelur

Formula pakan untuk itik petelur yang sudah memasuki masa produksi sebaiknya diberikan pakan yang mengandung karotenoid yang tinggi agar menghasilkan warna kuning telur yang bagus. Bahan-bahan yang bisa digunakan adalah jagung kuning. Jagung tersebut bisa juga digunakan sebagai sumber protein yang bagus.

Jika jagung kuning cukup sulit didapatkan, Anda bisa menggunakan tepung limbah udang atau tepung hijauan.

Untuk itik periode pertumbuhan

Pakan untuk itik yang sudah memasuki periode pertumbuhan sebaiknya diberikan pakan yang rendah kandungan serat kasar ransumnya karena itik muda memiliki tingkat kecernaan serat kasar yang rendah dari itik dewasa. Kalau diberikan pakan yang mengandung serat kasar tinggi, pakan tersebut akan sulit dicerna oleh itik.

Pakan itik yang mahal

Pakan itik yang mahal biasanya menggunakan formula dengan bahan pakan berkualitas baik. Meskipun mahal, pakan tersebut bisa berfungsi dengan efektif. Sebaliknya, jika pakan yang digunakan menggunakan bahan yang murah dengan kandungan serat yang tinggi, efisiensi akan semakin berkurang.

Pakan untuk itik ras

Itik ras biasanya memiliki kemampuan mencerna serat kasar yang lebih rendah dibanding itik lokal. Jadi, sebaiknya berikan pakan yang rendah serat untuk itik ras.

Penggunaan bahan alternatif

Jika ingin menggunakan bahan alternatif karena ingin menghemat biaya pembuatan pakan, Anda harus menjamin bahan tersebut selalu tersedia dan kontinuitas. Biasanya, bahan pakan alternatif belum memiliki patokan asam aminonya. Anda harus mencari informasi terlebih dahulu kandungan tersebut.

Baca Juga:  Segmentasi Usaha Ternak Itik yang Bisa Dipilih

Formula pakan itik pedaging

Formula pakan untuk itik pedaging biasanya menggunakan bahan yang bersumber dari protein hewani seperti tepung ikan dalam jumlah yang cukup sedikit untuk mengurangi bau amis pada daging yang dihasilkan.


loading...