Tips Membuat Itik Tetap Hangat


Pertanianku — Jika Anda mempunyai lahan pekarangan yang cukup luas, salah satu pemanfaatan yang paling mudah dilakukan ialah digunakan untuk ternak itik yang menghasilkan telur sekaligus bibit atau DOD (day old duck). Namun, bagaimana cara memelihara itik yang benar dan mudah, khususnya terkait membuat itik tetap hangat di kandangnya?

membuat itik tetap hangat
Foto: Shutterstock

Itik merupakan hewan yang sensitif terhadap suhu, terutama suhu dingin. Jika temperatur udara terlalu rendah, dapat mengganggu perkembangan ternak itik Anda. Guna menstabilkan kehangatan kandang itik, dapat dilakukan dengan membuat induk buatan berupa alat pemanas lampu minyak atau listrik.

Induk buatan sederhana diciptakan dari lampu minyak atau listrik (sekitar 40 Watt) yang dipasang di bagian tengah kandang. Lampu-lampu tersebut setidaknya dapat menghangatkan sekitar 100 ekor anak itik.

Untuk bahan kandangnya sendiri, sebaiknya menggunakan material yang mampu menangkal hawa dingin dari luar seperti kayu dan seng. Untuk mengetahui apakah temperatur ruangan sudah cukup, bisa Anda lakukan dengan cara melihat sebaran itik.

Jika terlalu panas, anak itik akan berada di pinggir kandang dan bila terlalu dingin itik akan berkumpul di sekitar sumber panas. Sementara itu, temperatur yang ideal akan membuat sebaran itik merata di semua tempat.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Probiotik untuk Ternak Ayam