Tips Membuat Kebun Organik Mini di Rumah

Pertanianku — Saat ini sedang tren gaya hidup sehat dan berkualitas dengan mengonsumsi sayuran organik. Akan tetapi, untuk mendapatkannya, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam karena harganya cukup mahal. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa membuat kebun organik mini di rumah dengan mudah.

membuat kebun organik mini di rumah
Foto: Pexels

Sayuran organik adalah sayuran yang diproduksi secara alami tanpa bahan-bahan kimia, seperti pupuk kimia dan pestisida. Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, sayuran organik lebih segar dan tahan lama. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan kebun organik mini di rumah.

Sudah pernah coba kebun vertikal?

Loading...

Modal utama untuk menciptakan kebun organik mini di rumah adalah lahan. Tidak perlu lahan seluas sawah asalkan cukup untuk menanam sayur organik sesuai dengan jumlah orang di rumah. Bila tinggal di apartemen atau rumah yang tidak punya lahan, siasati dengan kebun vertikal sederhana.

Bagaimana cara membuatnya?

Gunakan pot atau paralon sebagai wadah menanam sayuran organik. Lalu, gantung vertikal di tembok atau disusun sedemikian rupa agar terlihat rapi. Tanpa membutuhkan lahan luas, Anda kini bisa memiliki kebun organik mini di rumah! Asyik bukan?!

Gunakan pupuk organik untuk tingkatkan hasil panen

Hal penting berikutnya yang tidak boleh terlupakan adalah penggunaan pupuk organik. Dikarenakan tujuan awal membuat kebun organik, pupuk yang dipakai pun harus pupuk organik. Misalnya, pupuk kompos atau pupuk kandang.

Selain sangat mudah ditemukan di alam, kedua jenis pupuk ini bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah. Selain aman dikonsumsi, hasil panen sayuran organiknya pun akan lebih segar dan nikmat saat disantap.

Jangan pernah abaikan peran sinar matahari!

Dikarenakan sayuran organik membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk proses alami fotosintesis, lokasi kebun organik wajib diperhatikan. Pilihlah lokasi yang mendapat sinar matahari langsung, tetapi intensitasnya perlu dibatasi.

Baca Juga:  Menanam Kacang sebagai Penghasilan Tambahan Berkebun Kakao

Dengan intensitas sinar matahari yang cukup, sayuran organik akan tumbuh subur dan sehat. Sebaliknya, hindari kebun organik berlokasi teduh atau jauh dari sinar matahari. Sebab, hanya akan menghambat pertumbuhan sayuran organik itu sendiri.

Kenali ciri tanah subur

Tanpa disadari, jenis tanah kerap diabaikan dalam membuat kebun organik mini di rumah. Padahal, tanah sangat berperan penting dalam pertumbuhan kebun organik. Oleh karenanya, Anda wajib mengukur tingkat kesuburan dan kandungan nutrisi dalam tanah sebelum menanam.

Salah satu ciri tanah subur, yaitu berwarna cokelat kehitaman akibat tingginya kandungan unsur hara di dalamnya. Untuk meningkatkan kesuburan tanah, campurkan dengan pupuk alami dengan perbandingan 1:1, 1:2, atau 1:3. Kemudian, diamkan selama beberapa hari. Tahapan ini akan membuat tanah siap ditanami sayuran organik.

Loading...
Loading...