Tips Membuat Kompos Antilama

Pertanianku — Salah satu tantangan terbesar saat ingin membuat kompos adalah waktu pembuatan. Proses pengomposan bisa berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan sampai satu tahun. Masalahnya, kompos yang belum matang tidak bisa digunakan sebagai pupuk karena akan menyebabkan masalah baru bagi tanaman dan tanah. Oleh karena itu, Anda perlu memahami tips membuat kompos dalam waktu yang lebih singkat. Simak ulasan berikut.

membuat kompos
foto: pixabay

Pahami tingkat teknologi pengomposan

Sebelum membuat kompos, Anda harus memahami tingkat teknologi pengomposan. Pada dasarnya pengomposan yang bak dan benar memiliki tingkatan atau derajat teknologinya. Umumnya, tiap tingkatan memiliki tantangan dan besaran modal yang berbeda-beda. Anda bisa memilih tingkatan teknologi berdasarkan kebutuhan.

Misalnya, melansir dari buku Cara Cepat Buat Kompos dari Limbah, untuk sampah rumah tangga sebaiknya menggunakan teknologi sederhana yang murah tetapi berdaya guna.

Gunakan aktivator sesuai dengan bahan organik

Saat ini ada banyak aktivator yang dapat Anda jumpai di pasaran. Ada dua kategori aktivator, yaitu aktivator abiotik dan biotik. Aktivator tersebut berguna mempercepat proses pengomposan. Namun, tak jarang aktivator juga bisa menyebabkan pengomposan gagal. Satu hal yang perlu Anda pahami, jenis aktivator yang dipakai harus disesuaikan dengan bahan organik yang digunakan.

Anda tidak boleh asal-asalan ketika menggunakan aktivator. Hal ini karena ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar proses pengomposan berhasil.

Menggunakan komposter

Komposter merupakan alat atau wadah untuk membuat kompos skala rumah tanga. Komposter terbuat dari tong plastik atau kotak semen yang sudah dimodifikasi. Proses pengomposan di dalam komposter berjalan secara anaerob atau tanpa oksigen.

Ketahui faktor yang memengaruhi keberhasilan

Saat ingin membuat kompos, Anda perlu ketahui beberapa faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan pengomposan. Faktor tersebut adalah bahan baku, suhu, nitrogen dan kelembapan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Jati Unggul

Teknik pengomposan

Teknik pengomposan bisa dipercepat dengan cara memanaskan bahan kompos. Teknik ini baik sekali digunakan pada bahan kompos yang sulit terdegradasi.

Seluruh informasi pengomposan yang cepat dan tepat bisa Anda simak lebih lengkap dalam buku Cara Cepat Buat Kompos dari Limbah. Anda akan dipandu membuat kompos dari berbagai bahan mulai dari sampah rumah tangga, kotoran ternak, ampas tahu, hingga limbah pabrik gula. Buku ini bisa didapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke toko resmi Penebar Swadaya di Shopee dan Tokopedia.