Tips Membuat Lengkeng Rajin Berbuah

Pertanianku— Lengkeng bisa rajin berbuah apabila dirawat dengan benar. Pemakaian zat pengatur tumbuh merupakan jalan terakhir apabila tanaman tidak kunjung berbuah, padahal sudah memasuki umur berbuah. Proses pemeliharaan yang bisa membuat lengkeng berbuah di antaranya penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan.

lengkeng rajin berbuah
foto: Pertanianku

Penyiraman

Lengkeng perlu mendapatkan penyiraman secara rutin sebanyak dua kali sehari jika cuaca sedang cukup cerah. Namun, tanaman cukup disiram satu kali sehari apabila sedang musim hujan. Penyiraman perlu dilakukan dengan cara yang benar agar air yang diberikan benar-benar bisa dimanfaatkan oleh pohon.

Pasalnya, jika penyiraman terlalu banyak dapat menyebabkan akar tanaman terendam, busuk, dan bercabang hingga mati. Penyiraman cukup dilakukan hingga air siraman sudah keluar dari lubang yang berada di dasar pot.

Pemupukan

Pemupukan perlu diberikan secara berkala agar kebutuhan nutrisi tetap terjaga. Dengan demikian, tanaman bisa rajin berbuah. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam pupuk harus diperhatikan karena setiap fase pertumbuhan tanaman akan membutuhkan kadar nutrisi yang berbeda-beda.

Pemberian pupuk juga bergantung pada lokasi tanaman lengkeng. Seluruh cara pemupukan hingga dosis pupuk yang dibutuhkan oleh lengkeng dibahas dalam buku Bertanam 13 Tanaman Buah di Pekarangan terbitan Penebar Swadaya.

Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan berkali-kali dengan tujuan meningkatkan produktivitas tanaman dan menjaga bentuk tanaman. Pemangkasan pertama dilakukan ketika tanaman sudah tumbuh setinggi 60—80 cm. Pemangkasan akan menyebabkan timbulnya cabang baru. Setelah itu, dilakukan lagi pemangkasan berikutnya pada bagian cabang tanaman untuk membentuk kanopi pohon dan merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman.

Bebas hama dan penyakit

Tanaman yang sehat sudah pasti kemungkinan besar bisa berbuah. Anda perlu merawat tanaman lengkeng agar terbebas dari hama dan penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhannya.

Baca Juga:  Jenis-jenis Jamur Kayu yang Bisa Dikonsumsi

Sama halnya seperti pemupukan, proses pemeliharaan lengkeng dari hama dan penyakit dibahas lebih jelas dalam buku Bertanam 13 Tanaman Buah di Pekarangan. Buku tersebut bukan saja membahas perawatan pohon lengkeng. Ada 12 tanaman buah lain yang dibahas sehingga bisa membantu Anda untuk merawat tanaman buah sendiri. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya


loading...