Tips Membuat Masker Lidah Buaya

Pertanianku — Lidah buaya atau aloevera sedang menjadi tren sebagai campuran untuk perawatan kulit. Banyak produk perawatan kulit yang mengandung aloevera. Namun, tahukah Anda bahwa masker lidah buaya sangat mudah untuk dibuat. Simak cara pembuatannya.

masker lidah buaya
foto: pixabay

Bahan-bahan:

  • Daun lidah buaya ½ gelas
  • Tepung beras secukupnya

Cara membuat:

Loading...
  1. Daun lidah buaya dikupas dan keluarkan dagingnya.
  2. Lumatkan daging lidah buaya, lalu campurkan dengan tepung beras, aduk hingga rata.

Masker lidah buaya juga dapat digunakan dengan cara meratakan ke seluruh wajah atau wajah yang sedang berjerawat saja. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih. Penggunaan masker ini dapat dilakukan rutin.

Khasiat lidah buaya sendiri adalah dapat menjadi pembersih make up alami untuk Anda yang berkulit yang sensitif, mengatasi kulit yang terbakar karena sinar matahari karena lidah buaya memiliki kandungan losion atau pelembap yang mampu meredakan kulit yang terbakar.

Aloevera juga mengandung zat anti-inflamasi yang sangat berguna untuk menyembuhkan luka luar. Selain itu, kandungan antibakteri yang terkandung di dalam aloevera efektif melawan infeksi sehingga mampu mempercepat proses pemulihan luka.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan baik, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut.

Lidah buaya

Jika Anda tidak memilik tanaman lidah buaya di pekarangan, saat ini sudah banyak supermarket yang telah menjualnya dalam bentuk daun.

Pemilihan tepung beras

Tepung beras konvensional biasanya memiliki bahan campuran. Sementara, beras yang biasa dikonsumsi saat ini sudah mengandung zat pemutih. Untuk meminimalisir adanya zat tambahan yang terkandung di dalam beras, Anda harus berhati-hati dalam memilih bahan yang digunakan. Lebih baik lagi jika Anda gunakan beras organik.

Baca Juga:  Gunakan Obat Alami Ini untuk Menghilangkan Bau Badan

Lama penggunaan masker

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah waktu penggunaan masker yang lama. Penggunaan masker dengan waktu yang lama berpotensi menghilangkan kelembapan kulit sehingga kulit kering. Pada masker yang menggunakan tepung beras, pemakaian yang terlalu lama dapat menyumbat pori-pori hingga menyebabkan iritasi.

Eksfoliasi

Agar kandungan di dalam lidah buaya dapat meresap lebih sempurna, sebaiknya Anda lakukan eksfoliasi terlebih dahulu untuk mengangkat kulit mati.

Loading...
Loading...