Tips Membuat Media Tanam Teratai yang Tepat

Pertanianku — Teratai atau water lily adalah salah satu keluarga tanaman air yang paling sering dibudidayakan. Mulanya, tanaman ini hanya tumbuh liar di rawa-rawa atau kolam ikan dan cukup sulit untuk dijumpai. Karena bentuknya yang indah, teratai banyak dibudidayakan dan mudah dijumpai di pekarangan rumah. Bunga teratai yang indah tentunya membutuhkan media tanam yang tepat. Berikut ini tips membuat media tanam teratai yang tepat.

media tanam teratai
foto: pertanianku

Teratai mulai dilirik menjadi tanaman hias saat sudah dianggap ideal jika ditanam di dalam pot. Keunggulan dari teratai yang digunakan sebagai tanaman hias terletak pada warna bunganya yang menawan beserta kelopak bunga yang tersusun rapi. Selain itu, bentuk bunga selaras dengan warna daun yang hijau mengilap tumbuh di atas permukaan air.

Teratai merupakan tanaman tropis yang digemari karena memiliki banyak turunan yang beraneka ragam. Tanaman teratai memiliki banyak ukuran, dari yang mini hingga besar. Teratai mini merupakan jenis teratai yang paling sering digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam di pot. Diameter daun teratai ini maksimal hanya 15 cm dan kelopak bunganya maksimal berukuran 7 cm.

Loading...

Syarat media tanam yang merupakan tanaman air adalah media tanam harus dalam kondisi terendam air (baik teratai yang ditanam di pot maupun di dalam kolam). Teratai juga menyukai media tanam yang porous dan cenderung berlumpur.

Jenis media tanam yang cocok digunakan untuk menanam teratai adalah pasir, top soil, dan humus daun pakis. Penggunaan media tanam sebaiknya dikombinasikan dengan pupuk kandang ataupun kompos. Berikut ini formula media tanam yang bisa Anda gunakan.

  • Ditanam di kolam: pasir, tanah merah (lumpur), dan pupuk kandang dengan perbandingan (1:1:1).
  • Ditanam dalam pot formula 1: pupuk kandang dan top soil dengan perbandingan (1:2).
  • Ditanam dalam pot formula 2: top soil dan humus dengan perbandingan (2:1).
  • Ditanam dalam pot formula 3: top soil dan kompos dengan perbandingan (2:1).
Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Untuk menunjang pertumbuhannya, terutama pada proses pembungaan, sebaiknya letakkan tanaman di tempat yang terpapar sinar matahari secara penuh atau terbebas dari naungan. Hal tersebut akan membuat tanaman teratai yang menyukai cahaya matahari jadi rajin berbunga.

 

Loading...
Loading...