Tips Membuat Pohon Jambu Air Khiojok Cepat Berbuah Lebat

Pertanianku — Sebenarnya pohon jambu air khiojok cukup mudah untuk berbuah sehingga tidak memerlukan perlakuan khusus yang terlalu rumit. Namun, terkadang praktik di lapangan atau ketika Anda menanam sendiri, pohon jambu air mengalami keterlambatan untuk berbuah.

jambu air khiojok
foto: pertanianku

Sebenarnya, ada banyak penyebab yang bisa menyebabkan pohon terlambat berbuah. Ada beberapa langkah untuk merangsang pembuahan pada pohon jambu air. Berikut ini beberapa tips membuat pohon jambu air khiojok cepat berbuah.

Pastikan bibit berasal dari pohon yang berbuah

Terkadang, Anda tidak mengetahui asal-usul bibit yang dibeli, apakah bibit tersebut dibuat dari pohon yang berbuah atau tidak. Inilah salah satu penyebab yang membuat pohon jambu air terlambat berbuah. Oleh karena itu, pastikan bibit yang digunakan dibuat dari induk pohon yang sudah berbuah.

Untuk mendapatkan bibit tersebut, sebaiknya beli bibit di penangkaran bibit yang bersertifikat atau di toko pertanian tepecaya. Biasanya, toko pertanian tepercaya menjual bibit dari pohon induk yang sudah berbuah. Salah satunya Toko Trubus yang menyediakan bibit jambu air khiojok berkualitas.

Gunakan bibit cangkokan

Kelebihan bibit cangkokan memang mudah berbuah. Pohon jambu air yang berasal dari bibit cangkok biasanya sudah bisa belajar berbuah saat masih berumur 1 tahun. Pohon baru memproduksi buah secara maskimal setelah berusia 2 tahun ke atas.

Berikan pupuk untuk merangsang pembungaan dan pembuahan

Berikan pupuk kompos dan NPK secara rutin. Selama masa perawatan, Anda bisa memberikan pupuk dengan kadar P yang lebih tinggi untuk merangsang pembungaan dan pembuahan. Biasanya, pohon yang diberikan pupuk tersebut sudah bisa berbuah setelah berumur 1 tahun.

Hormon perangsang buah

Selain pupuk, Anda bisa menggunakan hormon perangsang buah agar pohon cepat berbuah. Biasanya, pohon yang diberikan hormon perangsang sudah bisa belajar berbuah ketika umurnya kurang dari satu tahun.

Baca Juga:  Resep Agar-Agar Rosella, Dessert Manis yang Bernutrisi

Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Pohon jambu air khiojok seperti pohon jambu air lainnya, yaitu membutuhkan penyinaran sinar matahari yang cukup agar tumbuh optimal. Pohon yang tidak mendapatkan sinar matahari cukup akan memiliki daun yang tipis dan pohonnya hanya tinggi tapi tidak banyak daunnya.

Untuk bertanam jambu air khiojok, Anda bisa langsung mendapatkan bibit jambu air khiojok di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.


loading...