Tips Membuat Ransum Pakan Sapi

Pertanianku Ransum pakan sapi yang terbaik untuk sapi yang digemukkan terdiri atas konsentrat dan hijauan. Pemberian hijauan dilakukan terpisah dengan pemberian konsentrat. Oleh karena itu, saat ingin membuat ransum, Anda perlu memperhatikan teknik pencampuran yang digunakan. Teknik pencampuran yang harus diperhatikan adalah teknik pencampuran konsentrat.

ransum pakan sapi
foto: pertanianku

Teknik pencampuran konsentrat

Pencampuran bisa dilakukan dengan tenaga mekanis atau dengan menggunakan mixer dan manual. Teknik pencampuran yang menggunakan tenaga mekanis umumnya dilakukan oleh pabrik-pabrik pakan ternak. Sementara, pencampuran manual lebih sering digunakan oleh peternak dan biasanya memang ditujukan untuk penggunaan pribadi. Konsentrat yang dicampur harus hingga benar-benar homogen.

Loading...

Sesuaikan nutrisi yang dibutuhkan

Mungkin kebutuhan nutrisi setiap peternak akan berbeda-beda dan hal tersebut akan menyebabkan penggunaan bahan pokok yang berbeda, baik dari jenis maupun jumlahnya. Mungkin saja salah satu peternak memformulasikan mineral yang lebih sedikit di dalam konsentratnya dibandingkan dengan jumlah pakan lainnya. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ternak.

Teknik pencampuran manual

Pencampuran yang dilakukan secara manual memerlukan beberapa teknik tertentu untuk mendapatkan campuran yang benar-benar homogen. Sementara, pencampuran yang dilakukan dengan mesin tidak membutuhkan teknik khusus untuk mendapatkan hasil campuran yang homogen. Teknik pencampuran manual dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah yang sudah dibersihkan sebagai tempat mencampur bahan-bahan pakan.
  2. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk pencampuran konsentrat.
  3. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti timbangan, sekop, dan ember.
  4. Timbang bahan pakan yang memiliki persentase paling banyak, lalu letakkan pada tempat yang sudah disediakan. Selanjutnya, timbang bahan dengan persentase banyak kedua, lalu letakkan pada tempat yang sudah disediakan, begitu seterusnya.
  5. Bagi tumpukan bahan yang sudah disusun menjadi empat bagian. Masing-masing menjadi tumpukan ke-1, tumpukan ke-2, tumpukan ke-3, dan tumpukan ke-4.
  6. Aduk setiap tumpukan hingga rata dan homogen.
  7. Tumpukan ke-1 dicampur dengan tumpukan ke-4, lalu aduk lagi secara merata dan homogen.
  8. Tumpukan ke-2 dicampur dengan tumpukan ke-3, lalu diaduk lagi secara merata dan homoge
  9. Campurkan kedua adukan tadi, lalu aduk lagi hingga merata dan homogen.
Baca Juga:  Penyebab Produksi Ayam Petelur Menurun dan Panen Kurang Maksimal

 

Loading...
Loading...