Tips Membuat Rumah Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Pertanianku – Pemanasan global merupakan masalah penting di seluruh belahan dunia saat ini. Semakin meningkatnya pemanasan global. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh setiap manusia untuk membantu menyelamatkan bumi dari kehancuran.

Tips Membuat Rumah Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Melakukan penyelamatan pada bumi dapat dimulai dari hal kecil termasuk di dalam rumah. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah Anda untuk membantu menyelamatkan bumi.

Loading...
  1. Ganti bola lampu dengan CFL

CFL (Compact Fluorescent Lamp) atau yang lebih dikenal dengan lampu neon, dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat energi. CFL ini dapat menyimpan lebih banyak energi dibandingkan dengan bola lampu biasa.

  1. Menghemat air

Kebutuhan menggunakan air memang cukup tinggi setiap harinya. Namun, Anda perlu menghemat air dengan cara tidak membiarkan keran air terus menyala saat sedang menyikat gigi atau mencuci piring.

  1. Gunakan Bambu

Anda bisa menggunakan bambu sebagai lantai rumah, karena bambu dapat tumbuh dengan cepat sehingga memanfaatkannya menjadi furnitur rumah akan lebih ramah lingkungan.

  1. Biarkan Sinar Matahari Memasukin Ruangan

Cobalah untuk membuka tirai di siang hari agar sinar matahari dapat memasuki ruangan secara bebas. Jadi, Anda tidak perlu menyalakan lampu ruangan untuk menjadi lebih terang.

  1. Sembunyikan Kulkas

Jangan menyimpan kulkas di tempat yang terjangkau oleh sinar matahari, karena hal ini akan membuat kulkas membutuhkan lebih banyak energi untuk tetap dingin.

  1. Mencuci Pakaian dengan Air Dingin

Cucilah pakaian dengan air dingin jangan sampai Anda menggunakan banyak energi untuk memasak air panas.

  1. Pisahkan Sampah

Pisahkan sampah organik dan anorganik sehingga rumah Anda tidak membuang sampah terlalu banyak dan bisa mendaur ulang sampah tersebut.

  1. Tanaman Asli

Gunakanlah tanaman asli di halaman rumah Anda. Jangan menggunakan tanaman palsu karena tidak akan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

  1. Gunakan Pembersih Alami
Baca Juga:  Jenis Sangkar Burung yang Biasa Digunakan Pehobi Burung

Cobalah untuk membuat pembersih alami sendiri seperti cuka yang dapat digunakan untuk membersihkan lantai, peralatan masak, wastafel, dan kamar mandi. Pilihan lainnya gunakanlah lemon atau baking soda.

Loading...
Loading...