Tips Membuat Sirkulasi Udara di Dalam Kandang Ayam Berjalan Sempurna

Pertanianku— Sirkulasi udaradi dalam kandang ayam perlu diatur untuk mencegah efek samping akibat sirkulasi yang buruk. Ayam tidak memiliki kelenjar keringat sehingga untuk mengatasi cengkeraman suhu yang tinggi, tubuh ayam akan melakukan penguapan air untuk mendinginkan suhu tubuhnya. Penguapan air terjadi di sepanjang membran mukosa sistem pernapasan.

kandang ayam
foto: Pixabay

Suhu tinggi di atas 30°C, laju pernapasan ayam akan meningkat sehingga pernapasannya menjadi terengah-engah. Kondisi tersebut dinamakan dengan panting. Ayam yang sudah panting akan lebih sering minum untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh, tapi nafsu makan ayam justru malah berkurang.

Ayam yang panting bukan merupakan pertanda dari kelelahan seperti manusia, tetapi merupakan pertanda dari upaya untuk mengurangi panas tubuh internal dengan meningkatkan penguapan air dari kantung udara.

Suhu kandang yang terlalu tinggi juga menyebabkan banyak energi ayam yang berkurang karena energinya digunakan hanya untuk mendinginkan tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan pertumbuhan ayam menjadi terhambat.

Sementara itu, jika suhu yang digunakan terlalu rendah, ayam akan berusaha menghangatkan tubuhnya dengan cara meningkatkan produksi panas di dalam tubuhnya. Suhu yang terlalu rendah juga dapat membuat banyak energi yang terbuang akibat produksi panas di dalam tubuh.

Suhu yang ideal untuk ayam berada pada kisaran 18—24°C. Indonesia yang beriklim tropis memiliki kondisi suhu sangat fluktuatif sehingga sulit membuat suhu kandang yang optimal bagi pertumbuhan ayam. Oleh karena itu, peternak perlu mengatur sistem sirkulasi udara di dalam kandang untuk mengatur pergerakan volume udara di dalam kandang dengan menggunakan kipas angin.

Sirkulasi udara yang berjalan lancar dapat membuat suhu di dalam kandang menjadi lebih stabil. Pertukaran udara kotor dengan udara bersih pun tanpa hambatan.

Baca Juga:  Lokasi Strategis yang Bagus untuk Beternak Ayam

Sirkulasi udara sangat penting dijaga karena dapat memengaruhi suhu udara dan dapat melindungi kesehatan ayam agar tidak mudah terserang penyakit karena udara kotor di dalam kandang. Udara kotor tersebut berasal dari penguapan kotoran ayam dan sekam lembap atau kotor yang berada di dalam kandang.

 

 


loading...