Tips Membuat Tabulampot Berbuah

Pertanianku — Tanaman buah dalam pot (tabulampot) saat ini sudah sangat umum ditemui di mana-mana. Tabulampot kerap dipilih karena mudah dirawat, berukuran kecil, mampu menghasilkan buah, serta bisa mempercantik rumah, gedung, atau taman. Namun, tak jarang ditemukan tabulampot yang tidak berbuah, padahal buah menjadi salah satu keberhasilan tanaman buah ini.

tabulampot
Pertanianku

Tabulampot yang tidak mau berbuah biasanya tidak dirawat dengan baik sehingga kebutuhan tanaman tidak terpenuhi. Berikut ini beberapa tips membuat tabulampot berbuah.

Pilih lingkungan tumbuh yang tepat

Setiap tanaman membutuhkan lingkungan tumbuh yang sesuai agar dapat berproduksi secara maksimal. Hal ini karena kondisi lingkungan cenderung memengaruhi pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman. Lingkungan yang dimaksud di sini adalah tanah, ketinggian tanah, kelembapan suhu, dan curah hujan. Jadi, pastikan jenis tanaman buah yang Anda pilih sudah sesuai dengan lingkungan.

Gunakan bibit yang sehat

Salah satu kunci keberhasilan tabulampot terletak pada kualitas bibit yang digunakan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih bibit. Jika asal-asalan, Anda hanya tinggal menanti kegagalan karena bisa jadi bibit tersebut menghasilkan tanaman yang tidak mampu berbuah.

Saat membeli bibit, Anda harus memerhatikan asal bibit serta kualitas bibit yang unggul dan sehat.

Pot dan media tanam yang sesuai

Letak keberhasilan menanam buah di pot juga terletak pada pot dan media tanam yang Anda pilih. Umumnya, pot yang digunakan adalah pot yang terbuat dari tanah liat, semen, plastik, atau drum besar. Anda harus memilih ukuran pot yang sesuai dengan jenis tanaman dan umur tanaman. Selain itu, bagian bawah pot harus memiliki lubang sebagai jalan keluar air penyiraman.

Baca Juga:  Penyakit Tanaman Tomat di Musim Hujan

Media tanam yang digunakan juga harus disesuaikan dengan jenis tanaman. Sebaiknya, gunakan media tanam campuran yang terdiri atas beberapa bahan.

Perawatan harus tepat

Kunci terpenting membuahkan tabulampot terletak pada perawatan tanamannya. Perawatan sangat penting karena berpengaruh langsung terhadap pembungaan dan pembuahan. Jika perawatan tidak dilakukan dengan benar, tanaman yang ditanam di dalam pot ini akan tumbuh merana dan tidak berbuah. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu kebutuhan penyiraman, pemupukan, dan perawatan lainnya.

Berikan perlakuan khusus untuk merangsang pembuahan

Terkadang, ada beberapa tanaman buah yang perlu diberikan rangsangan atau tanaman yang sudah memasuki umur berbuah tetapi tidak kunjung berbuah. Perangsangan ini bertujuan memicu tumbuhnya bunga yang kemudian akan menjadi buah.