Tips Membuat Taman Sayur di Pekarangan

Pertanianku— Tidak hanya tanaman hias yang bisa digunakan untuk mempercantik pekarangan, tanaman sayur juga bisa digunakan untuk menghias pekarangan agar terlihat lebih indah. Membuat taman sayur di pekarangan pada dasarnya sama seperti membuat taman dari tanaman hias biasa. Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang tertarik membuat taman sayur di pekarangan.

taman sayur
foto: pertanianku

Tema

Tema adalah dasar seluruh penampilan taman yang diinginkan. Tema akan memengaruhi pola dasar yang akan terbentuk. Dalam tema, biasanya terkandung beberapa pesan atau ide yang ingin disampaikan, misalnya Jepang, padang pasir, atau taman sayur. Jika tema taman sayur sudah dipilih, selanjutnya tentukan desain dan alat serta bahan yang dibutuhkan.

Loading...

Tentukan jenis sayur

Buatlah daftar jenis sayur yang ingin ditanam, pelajari seluruh karakteristik tanaman agar Anda bisa menentukan letak serta cara perawatan yang tepat. Selanjutnya, tentukan target yang realistis agar mudah dicapai.

Berikan ruang untuk sinar matahari dan sumber air

Sinar matahari dan air adalah kebutuhan utama dari tanaman. Tanaman dapat tumbuh jika persediaan air serta penyinaran matahari sesuai dengan karakteristik tanaman. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui karakteristik tanaman dengan baik.

Ukur lahan

Lakukan pengukuran lahan yang akan digunakan untuk membuat sketsa desain taman dalam skala kecil. Sketsa tersebut berguna untuk memudahkan Anda mengatur bentuk taman.

Buat desain taman sesuai selera

Urusan desain taman bisa dibuat sesuai dengan selera Anda, baik secara formal maupun informal. Yang terpenting, desain taman tersebut bisa memanfaatkan seluruh lahan yang ada, meskipun lahannya sempit. Dalam lahan kebun, pastikan Anda menyisakan ruang untuk dibuat menjadi jalan setapak agar memudahkan pemeliharaan pohon.

Desain informal dengan pandangan satu arah

Baca Juga:  Resep Sate Jamur Tiram yang Super Lezat dan Simpel

Untuk Anda yang memiliki desain informal dengan pandangan satu arah, gunakan tanaman tinggi yang diletakkan di bagian belakang, lalu ketinggiannya menurun hingga kedepan. Namun, jika desain dibuat ke berbagai arah, letakkan tanaman tinggi di bagian centre conture dan selanjutnya menurun ke arah yang paling luar.

Letakkan tanaman penghasil nitrogen

Nitrogen merupakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Untuk menghemat penggunaan pupuk, gunakan tanaman penghasil nitrogen seperti kacang tanah dan buncis dekat dengan tanaman yang membutuhkan banyak nitrogen seperti kubis, selada, dan bayam.

Gunakan tanaman pencegah serangga

Ada beberapa tanaman hias yang bisa digunakan untuk mencegah serangan hama seperti marigold yang berwarna kuning.

 

Loading...
Loading...