Tips Membuat Taman di Atap Rumah


Pertanianku – Lahan yang semakin sempit, membuat beberapa desain rumah di perkotaan lebih memilih membuat tempat parkir mobil ketimbang pekarangan. Hal ini kemudian mendorong banyak orang untuk memiliki ide kreatif dan inovatif dengan menciptakan desain taman yang tidak mengharuskan berada di depan rumah.

Tips Membuat Taman di Atap Rumah

Salah satunya inovasi ini adalah memanfaatkan lahan yang tidak terpakai yang terdapat di bagian atap rumah. Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan beberapa perlengkapan sederhana. Beberapa perlengkapan tersebut sebagai berikut.

  1. Kayu keras tahan cuaca dengan harapan bertahan hingga 30 tahun.
  2. Kotak tanaman yang dibuat khusus, rumput hias jepang, dan bambu serta beberapa tumbuhan bonsai yang menarik.
  3. Dek menggunakan sistem alas, yang memungkinkan air mengalir ke saluran pembuangan. Agar sistem saluran pembuangan berjalan dengan baik, dek perlu diberi ruang sekitar 3 cm pada bagian sisinya.
  4. Jalur pembuangan air ini dengan lubang drainase yang langsung menuju ke bawah.
  5. Lapisan kain pada bagian bawah pot. Hal ini dilakukan agar saat tanaman disiram, tanah pada pot tidak ikut keluar dan mengotori dek serta bagian rumah yang lain.
  6. Tanaman pada pot yang sudah tersedia. Rumput Jepang yang halus, serta pohon bonsai yang bentuknya unik menjadi beberapa pilihan tanaman yang bisa dipakai untuk menghiasi taman atap Anda.
  7. Pencahayaan yang baik (lampu taman) untuk tanaman, agar tetap terlihat indah di malam hari.

Anda dapat menikmati taman tanpa harus dipusingkan dengan lahan yang terbatas. Jika Anda tertarik, silahkan mencobanya.

Baca Juga:  Inilah Faktor Penyebab Tanaman Anggrek Rajin Berbunga
loading...
loading...