Tips Memelihara Ayam Arab yang Baik dan Benar

Pertanianku — Ayam arab adalah ayam jenis petelur unggul yang banyak diidolakan oleh peternak. Beternak ayam arab tidaklah sulit, hanya saja perawatannya harus diperhatikan. Lantas, adakah tips memelihara ayam arab yang baik dan benar agar produktivitasnya maksimal?

tips memelihara ayam arab
Foto: Google Image

Umumnya, masalah dalam budidaya ayam arab petelur akan berkisar hal-hal yang sama. Pertama, Anda harus memerhatikan kebersihan kandang ayam. Selalu bersihkan secara rutin untuk menghindari risiko penularan penyakit yang cukup besar.

Kedua, jika diperlukan, berikan disinfektan pada kandang ayam arab. Jadi, kesehatan ayam yang dipelihara di dalamnya akan terjaga lebih optimal dan bebas dari beragam penyakit unggas.

Loading...

Perhatikan cara pemberian vaksin ayam arab yang benar. Karena jika salah prosedur, bisa jadi vaksin tidak bekerja secara optimal. Supaya vaksin dapat bermanfaat penuh, jangan lupa untuk melakukan penyimpanan vaksin yang sesuai.

Perhatikan juga usia anak ayam diberikan vaksin dengan teratur, jangan sampai terlewat supaya tidak mudah terserang penyakit. Sebaiknya supaya lebih optimal, berikan vaksin pada saat udara dingin atau hujan serta lakukan pada ayam yang sehat sebelum diberikan pakan.

Ketiga, penting juga untuk mengetahui masa bertelur ayam. Sebab, umumnya ayam yang sudah berusia 5 bulan sudah dapat produktif menghasilkan telur dan akan berlanjut terus secara maksimal hingga usia 8 bulan.

Setelah itu, biasanya jumlah telur yang dihasilkan akan menurun. Saat ayam berusia kurang lebih 2 tahun umumnya sudah akan berhenti bertelur. Karena itu, tentukan usia ayam terbaik supaya tidak merugi dan dapat meraih keuntungan maksimal.

Keempat, saat meletakkan kandang, perhatikan faktor yang dapat membuat ayam stres. Perhatikan juga lokasi kandang ayam yang baik sehingga mendapat sinar matahari yang cukup. Sebab, jika tidak, ayam akan terlihat pucat serta akan lebih mudah sakit.

Baca Juga:  Manfaat Gula Jawa untuk Ayam Kampung
Loading...
Loading...