Tips Memelihara Ayam Elba Petelur Berkualitas

Pertanianku — Segmen pemeliharaan merupakan segmen inti dari beternak untuk menghasilkan ayam elba yang dapat bertelur sehingga telur bisa dijual dan menghasilkan keuntungan. Mendapatkan ayam elba petelur bukan merupakan perkara yang sulit. Anda harus memeliharanya dengan benar agar dapat menghasilkan ayam petelur unggul.

ayam elba petelur
foto: Pertanianku

Seluruh kiat-kiat untuk beternak ayam elba dibahas dengan jelas di dalam buku Ayam Elba Kampung Petelur Super terbitan Penebar Swadaya. Berikut ini beberapa kiat memelihara ayam elba agar menjadi ayam petelur berkualitas.

Kandang ayam

Kandang yang sebaiknya digunakan untuk beternak ayam secara intensif adalah kandang baterai. Kandang ini dapat menyebabkan ayam sedikit bergerak sehingga energi yang berasal dari pakan dikonversikan menjadi telur. Dengan demikian, telur yang didapatkan dari pemeliharaan ini akan jauh lebih optimal.

Kandang baterai merupakan kandang yang berbentuk kotak-kotak dan dibuat susun bertingkat. Penggunaan kandang baterai dapat membantu peternak menghemat tempat. Satu kandang digunakan untuk memelihara satu invidu ayam sehingga ayam tidak saling mematuk.

Cara memelihara

Ayam elba yang sudah berumur 4,5—5 bulan sudah siap berproduksi. Ayam yang sudah siap bertelur dan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi memiliki ciri-ciri seperti ukuran tubuh yang tidak begitu besar, posisi ekor tegak, temperamennya mudah kaget, cakar tidak berbulu, jengger dan pial relatif membesar, serta daun telinga berwarna putih.

Secara umum kemampuan ayam petelur dipengaruhi oleh bibit, pakan, dan manajemen pemeliharaan. Seluruh aspek tersebut saling terikat satu sama lain. Oleh karena itu, jika salah satunya tidak dipenuhi, akan memengaruhi aspek yang lain. Misalnya, jika pakan yang diberikan jelek, bibit yang bagus akan tumbuh tidak optimal meski sudah diberi perlakuan manajemen pemeliharaan yang bagus.

Baca Juga:  Penyebab Kerugian Beternak Ayam Kampung yang Tidak Bisa Dikendalikan

Panen telur

Tujuan dari produksi ayam elba sebagai ayam petelur adalah telur. Ayam elba sering digunakan sebagai alternatif ketika produksi ayam arab menurun. Jika manajemen pemeliharaan yang dilakukan baik, produktivitas telur yang dihasilkan akan tinggi.

Seluruh cara beternak ayam elba dibahas terperinci dalam buku Ayam Elba Kampung Petelur Super terbitan Penebar Swadaya. Mulai dari lokasi kandang, jenis kandang, cara merawat DOC hingga kegiatan pascapanen yang harus dilakukan. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi usaha, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

 


loading...