Tips Memelihara Kesehatan Arwana

Pertanianku – Sebenarnya, arwana tergolong ikan yang tidak gampang terserang penyakit oleh bakteri dan jamur. Arwana hanya rentan terhadap stres dan cedera. Apapun itu, kesemuanya ini mempengaruhi penampilanarwana yang prima dan bahkan bisa mengancam nyawa ikan bertampang ‘sangar ini. Oleh karena itu, kesemuanya perlu mendapat perhatian oleh penuh dari hobiis.

Asal usul Arwana

Sebelum penanganan terhadap penyakit yang diidap arwana, sudah tentu perlu dilakukan identifikasi penyakit terlebih dahulu. Ada dua penyebab yang menjadikan arwana menjadi sakit. Penyebab pertama adalah parasiter dan yang kedua adalah non-parasiter. Penyakit arwana nonparasiter diakibatkan oleh guncangan suhu, penurunan pH, keracunan, mogok makan, kekurangan oksigen, dan lainnya.

Loading...

Arwana yang terserang oleh penyakit parasiter dapat terlihat dengan adanya perubahan pada bagian tubuh, misalnya muncul jasad serupa kapas di tubuh arwana atau sirip ekor yang arwana terserang penyakit non-parasiter.

Perubahan pada fisik tidak begitu mencolok, hanya perubahan tingkah laku yang tampak. Perubahan tingkah laku pada arwana tidak secara otomatis bisa disimpulkan bahwa arwana terserang penyakit non-parasiter. Sebab, bisa jadi perubahan tingkah laku itu diakibatkan karena arwana terserang penyakit parasiter yang menyerang bagian tubuh arwana yang relatif tersembunyi, bagian insang misalnya. Oleh karenanya, untuk penanganan yang tepat, perlu identifikasi penyakit yang tepat.

 

Sumber: Buku Arwana

 

Baca Juga:  Pakan Jangkrik yang Sesuai dengan Umur Jangkrik
Loading...
Loading...