Tips Memelihara Kuda Laut dalam Akuarium


Pertanianku — Kuda laut termasuk ikan yang tidak mudah untuk dipelihara, apalagi dibudidayakan. Jika Anda pencinta ikan hias kuda laut, pasti akan melakukan pemeliharaan di rumah dengan memanfaatkan akuarium sebagai medianya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memelihara kuda laut dalam akuarium seperti berikut.

memelihara kuda laut dalam akuarium
Foto: Google Image

Pemilihan benih kuda laut yang sehat

Pemilihan kuda laut yang sehat harus diperhatikan juga karena akan sangat berdampak dalam pemeliharaan di akuarium. Pemilihan kuda yang sehat dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri atau karakteristiknya seperti gerakan lincah, nafsu makan tinggi, warna bagus, tidak abnormal (cacat), dan memiliki bentuk tubuh yang baik.

Perhatikan kondisi pH dan suhu air

Setelah melakukan pemilihan bibit kuda laut, selanjutnya Anda harus memerhatikan kondisi air, pH air, dan suhu air. Hal ini dikarenakan kalau tidak stabil akan memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan kuda laut. Selain itu, akan menghambat penyesuaian kuda laut dalam akuarium. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda harus memerhatikan kondisi air, pH air, dan suhu air dengan normal atau sesuai dengan habitatnya.

Pakan yang diberikan sesuai dianjurkan

Selain kondisi air, Anda juga harus memerhatikan pakan atau makanan yang harus diberikan untuk kuda laut yang tepat. Karena pakan merupakan kebutuhan utama untuk hidup kuda laut, harus diperhatikan dengan benar-benar tepat. Biasanya, pakan yang tepat dan murah digunakan adalah plankton, serangga berukuran kecil, pakan buatan, dan pakan konvensional yang dijual di pasaran.

Jangan memelihara dua jantan dalam satu akuarium

Pemeliharaan dua jantan dalam akuarium merupakan pemeliharaan tidak baik. Sebab, dua jantan dalam satu akuarium akan mengakibatkan perkelahian. Untuk itu, sebaiknya pelihara satu jenis jantan dalam akuarium dan beberapa betina.

Baca Juga:  Teknologi Kamera Canggih Melindungi Orangutan

Tidak dianjurkan diberi arus terlalu kencang

Pemeliharaan kuda laut hias memang sangat berbeda dengan ikan hias lainnya. Hal ini karena kuda laut hias tidak bisa diberi arus dalam akuarium, sedangkan ikan hias bisa diberikan arus. Jika diberi arus, akan mengakibatkan kuda laut mudah stres dan bahkan akan mengakibatkan kematian.

loading...