Tips Memilih Akuarium yang Tepat untuk Anda


Pertanianku — Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor saat memilih akuarium yang tepat untuk rumah atau kantor. Sebab, tidak ada satu pun akuarium yang benar-benar pas untuk semua orang.

memilih akuarium
Foto: Shutterstock

Untuk itu, perhatikan tips berikut ini untuk memilih akuarium yang tepat untuk Anda.

Akuarium kaca atau akrilik

Hal lain yang menjadi pertimbangan sebelum membeli akuarium adalah pemilihan bahan akuarium, kaca atau akrilik. Akuarium kaca relatif lebih murah dan lebih tahan gores. Sebaliknya, akuarium akrilik lebih rentan tergores, tapi lebih kuat menahan tekanan daripada kaca serta antipecah.

Jika Anda sering berpindah tempat atau memindahkan akuarium, pilihlah akuarium yang lebih ringan. Di wilayah yang rawan gempa, memilih akuarium akrilik akan jadi pilihan yang bijak.

Akuarium kaca tidak mudah tergores seperti akrilik. Namun, jangan khawatir, goresan pada akrilik dapat diperbaiki. Pertimbangan secara estetika, akuarium akrilik lebih memiliki banyak bentuk daripada akuarium gelas.

Ukuran minimal akuarium

Pertimbangan untuk menentukan ukuran minimal akuarium adalah seberapa besar ikan-ikan Anda dapat tumbuh besar secara maksimal. Jika Anda tidak dapat memberikan ruang yang cukup, lebih baik Anda memilih ikan yang lain.

Dengan ukuran akuarium yang lebih besar, Anda memberikan lingkungan hidup yang lebih baik bagi ikan. Volume air yang besar mampu melarutkan kandungan racun secara lebih baik. Terlebih lagi, akuarium yang luas memiliki perputaran air yang lebih cepat sehingga mengurangi periode stres pada ikan.

Kemampuan permukaan lantai untuk menahan beban akuarium

Hal ini menjadi pertimbangan serius bagi akuarium ukuran menengah dan besar. Sebagian besar permukaan lantai dibuat untuk mampu menahan berat manusia dan furnitur. Perhitungan rata-rata, 100 liter air akuarium (tanpa mempertimbangan berat kaca, aksesoris seperti batu, pasir, filter, dan lain-lain) memiliki berat sekitar 100 kg.

Baca Juga:  Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Jika memilih ukuran akuarium yang lebih besar, sebaiknya Anda mencari bantuan orang yang profesional untuk memastikan bahwa tebal kaca akuarium, lantai, atau dinding Anda mampu menahan tekanan sedemikian besar.

Setelah mengetahui luas serta tingkat beban yang dapat ditopang oleh lantai atau meja/penyangga akuarium, Anda dapat menentukan ukuran maksimal akuarium yang akan dipilih.

Demikianlah beberapa pertimbangan yang mungkin berguna bagi Anda untuk menentukan pilihan akuarium yang tepat. Semoga bermanfaat!

loading...
loading...