Tips Memilih Anjing Idaman


Pertanianku – Banyak hal yang harus diperhatikandan diperhitungkan dalam memilih jenis anjing yang tepat anggota  keluarga Anda. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih jenis anjing.

Memilih Anjing Idaman

1)Ukuran Anjing

Berat badan diukur pada saat anjing mencapai titik akhir pertumbuhan atau pada saat dewasa. Banyak orang terpikat dengan anjing yang berukuran besar karena memberikan kesan macho atau gagah, tetapi beberapa lama kemudian mulai kebingungan karena rumahnya terlalu kecil untuk anjingnya. Perhatikan ukuran rumah Anda dalam memilih jenis anjing yang akan dipelihara. Jika rumah da perkarangan Anda cukup luas tidak masalah memilih anjing yang berukuran besar karena anjing memerlukan ruang yang cukup untuk bergerak. Namun, kalau Anda tidak memiliki rumah yang luas, tetapi tetap ingin memelihara anjing jenis besar, Anda harus mengorbankan waktu dan tenaga untuk mengajak anjing besar Anda berjalan-jalan di luar rumah.

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah biaya pemeliharaan, seperti biaya pakan dan biaya perawatan. Semakin besar ukuran anjing, semakin banyak jumlah dog food yang dikonsumsinya.

2)Bulu

Jenis bulu anjing sangat beragam, ada yang berbulu panjang dan berbulu pendek Terkadang Anda senang melihat anjing yang berbulu panjang karena terlihat lebih indah dan mewah. Jika Anda memiliki waktu yang cukup luang, tidak ada salahnya Anda memilih anjing yang berbulu panjang.

Anjing yang berbulu panjang harus diberiperhatian ekstra untuk perawatannya. Anda harus mempunyai waktu untuk menyisir dan  membersihkan bulunya. Apapun jenis bulu anjing, panjang atau pendek, yang pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Contohnya, golden retriever dan labrador retriever yang memiliki sifat, bentuk, dan ukuran yang hampir sama, tetapi memiliki jenis bulu yang berbeda. Golden retriever memiliki keunggulan penampilan yang lebih glamour dibanding dengan labrador karena bulunya yang panjang, tetapi memiliki kekurangan, yaitu perawatan bulu yang lebih rumit dibanding dengan labrador. Labrador terlihat lebih sederhana dan perawatan bulunya sangat mudah karena pendek. Anjing yang berbulu panjang akan merepotkan pada saat rontok bulu.

3)Sifat dan Fungsi

Masing-masing anjing mempunyai sifat dan fungsi yang berbeda. Berdasarkan fungsinya anjing dibagi menjadi beberapa bagian.

  1. Toy

Jenis anjing toy biasanya berukuran di bawah 10 kg. Fungsi anjing ini hanya sebagai teman bermain. Kalaupun digunakan sebagai anjing penjaga, anjing hanya sebatas alarm dog. Contohnya, pomeranian, chihuahua, pug, miniature pincher, dan poodle, dan lain-lain.

  1. Companion Dog

Anjing ini biasanya disebut juga sebagai family dog. Anjing yang masuk kategori ini berukuran medium ke atas. Companion dog bukan anjing yang galak atau terlihat seram, tetapi harus terlihat kalem dan bersahabat. Anjing ini umumnya tidak bisa dijadikan sebagai anjing penjaga karena terlalu baik dan mudah bersahabat dengan orang asing, termasuk juga dengan pencuri. Contohnya, golden retriever, labrador retriever, american cocker spaniel, dan collie.

c . Guard Dog

Guard dog atau anjing penjaga biasanyabertampang seram atau galak. Anjing jeni ini digunakan untuk menjadi penjaga harta  di rumah. Anjing ini mempunyai sifat yang melindungi. Bila dilatih dengan baik, anjing ini dapat berguna, tetapi kalau Anda tidak mendidiknya dengan baik maka anjing ini malah akan merugikan. Contohnya, anjing gembala jerman (AGJ), rottweiler, dobermann, american pit bull terrier (APBT), dan boxer.

Faktor-faktor di atas dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan memilih anjing yang tepat untuk keluarga. Anda harus berpikir panjang dan jangan terburu nafsu ketika melihat anakan anjing yang lucu karena belum tentu Anda dapat memeliharanya dengan baik. Jangan sampai, anjing yang sudah Anda beli akhirnya dibuang karena tidak sanggup memeliharanya.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...