Tips Memilih Bakalan Sapi yang Bagus untuk Penggemukan

Pertanianku Bakalan sapi merupakan faktor pertama yang dapat melancarkan usaha penggemukan sapi. Anda bisa mendapatkan bakalan dengan mencari ke peternakan sapi, pedagang sapi, pasar ternak hewan, atau mencari melalui media informasi lainnya. Mencari bakalan akan lebih mudah jika Anda memiliki relasi peternakan yang sudah terjamin.

bakalan sapi
foto: pixabay

Dalam memilih bakalan sapi yang akan digemukkan, sebaiknya pilihlah jenis sapi yang berasal dari tipe pedaging. Penggemukan sapi dikatakan berhasil jika dapat menghasilkan daging berkualitas dalam jumlah yang banyak. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menggunakan bakalan sapi yang tepat. Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih bakalan agar mendapatkan bakalan yang berkualitas.

Laju pertumbuhan

Loading...

Pilihlah bakalan yang berasal dari keturunan yang memiliki laju pertumbuhan yang tinggi. Laju pertumbuhan tersebut akan sangat memengaruhi pertambahan bobot sapi setiap harinya. Setiap jenis sapi memilki potensi yang berbeda dalam laju pertumbuhan. Limousin dan simental merupakan tipe sapi yang memiliki laju pertumbuhan yang baik untuk digemukkan.

Kesehatan

Bakalan yang sehat tentu dapat tumbuh berkembang lebih baik dari bakalan yang sakit. Kondisi kesehatan bakalan akan memengaruhi nafsu makan serta perkembangan tubuh bakalan.

Sudah beradapasi

Pilihlah bakalan yang mudah untuk beradaptasi atau sudah beradaptasi dengan lingkungan penggemukan. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk memeliharanya, bakalan pun tidak stres dengan tempat baru. Bakalan yang stres akan mudah jatuh sakit dan nafsu makan menurun.

Sapi jantan

Karena tujuan akhir dari usaha ini adalah daging sapi yang berkualitas dalam jumlah banyak, Anda hanya perlu menggunakan sapi jantan. Sapi jantan memiliki laju pertumbuhan yang lebih tinggi dibanding sapi betina. Selain itu, sapi betina lebih baik digunakan untuk memproduksi anak sapi. Kecuali, jika sapi betina tersebut sudah beranak 7 kali, sudah tidak produktif atau infertil.

Baca Juga:  Susu yang Bagus untuk Cempe Kambing

Konversi pakan

Pilihlah bakalan yang memiliki konversi pakan yang rendah. Pakan merupakan kebutuhan utama untuk mencapai bobot yang diinginkan. Jika konversi pakan bakalan rendah, pakan yang dibutuhkan pun sedikit.

Populasi

Pilihlah bakalan dari bangsa sapi yang memiliki pertumbuhan populasi yang baik dan penyebarannya merata di suatu daerah.

Loading...
Loading...