Tips Memilih Bibit Bebek dan Tipe Kandangnya

Pertanianku — Beternak bebek dapat dimulai dari memilih bibit bebek beserta tipe kandang yang akan digunakan. Bebek ternak sendiri dapat dibudidayakan dengan dua cara, yakni digembala atau di dalam kandang. Budidaya bebek biasanya dilakukan untuk diambil daging ataupun telurnya.

memilih bibit bebek
Foto: pixabay

Beternak bebek dapat dilakukan dengan maksimal jika Anda mengerti cara memilih bibit bebek yang baik. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan bibit bebek berkualitas unggul.

Pertama, belilah telur tetas dari indukan bebek yang sudah terbukti kualitasnya. Telur tersebut dapat Anda tetaskan sendiri dengan menggunakan inkubator. Cara kedua adalah dengan memproduksi sendiri telur yang akan ditetaskan. Cara ini dilakukan dengan mengawinkan indukan jantan dan betina yang sama-sama berkualitas unggul.

Loading...

Cara pertama dan kedua ini dapat dilakukan dengan optimal bila Anda memiliki fasilitas pembibitan sendiri. Cara terakhir merupakan cara yang paling mudah, yakni dengan membeli day old duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain yang Anda ketahui.

Sesudah ditetaskan, bebek tentunya membutuhkan tempat bernaung. Ada tiga tipe kandang yang bisa Anda terapkan untuk membudidayakan bebek tanpa gembala.

Kandang tipe pertama adalah tipe pekarangan. Tipe kandang ini memungkinkan bebek dipelihara di pelataran yang luas dengan dilengkapi kolam dan tempat berteduh.

Tipe kandang kedua adalah postal. Dengan tipe ini, Anda memelihara bebek di dalam ruangan yang memiliki atap dan dinding. Namun, bebek tetap dibiarkan berkeliaran selama masih di dalam ruangan.

Tipe terakhir adalah kandang tipe baterai. Sejumlah 1—2 bebek ditempatkan dalam kotak yang terpisah oleh kisi bambu. Bebek yang dipelihara dengan cara ini mirip dengan budidaya ayam petelur intensif.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih kandang bebek ini. Luasan lahan yang Anda miliki menjadi pertimbangan utama. Jika Anda memiliki pekarangan luas, kandang tipe pertama sangat cocok karena bebek dapat beraktivitas dengan optimal. Kandang ini cocok untuk ternak bebek semi-intensif.

Baca Juga:  Jenis-jenis Kambing Perah Unggul

Bila luasan lahan Anda terbatas, Anda dapat membuat tipe kandang kedua atau ketiga. Hanya saja, biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada tipe kandang pekarangan. Kandang ini cocok untuk budidaya bebek secara intensif.

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih kandang bebek adalah tujuan ternak tersebut. Bila Anda hendak membudidayakan bebek untuk dimanfaatkan telur dan dagingnya, kandang tipe baterai bisa digunakan. Namun bila untuk pembibitan, kandang pekarangan atau kandang terkurung dapat menjadi pertimbangan.

Loading...
Loading...