Tips Memilih Bibit Belimbing yang Bagus

Pertanianku— Kualitas bibit akan menentukan pohon yang dihasilkan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan bibit belimbing yang bagus untuk mendapatkan pohon belimbing yang berkualitas. Bibit belimbing bisa didapatkan dengan mudah di toko pertanian terdekat. Tinggal bagaimana kemampuan Anda mencari bibit yang paling bagus dan berkualitas.

bibit belimbing
foto: pertanianku

Gunakan bibit yang bermutu baik dan berasal dari jenis belimbing unggulan atau yang banyak disukai oleh konsumen agar Anda mudah merawatnya. Pasalnya, varietas unggulan sudah pasti memiliki kelebihan yang bisa memudahkan Anda saat merawat tanaman, seperti tahan terhadap jenis hama tertentu. Hal ini sangat memudahkan para pehobi tanaman untuk meminimalisir risiko serangan hama yang bisa menyebabkan tanaman tidak berbuah.

Selain itu, buah yang dihasilkan pasti rasanya lezat, manis, dan menyegarkan, sesuai dengan selera konsumen. Penting sekali untuk mencari jenis belimbing yang mampu menghasilkan buah yang manis, agar usaha perawatan Anda bisa sejalan dengan hasil yang akan didapatkan.

Loading...

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari tanaman yang berasal dari bibit unggulan adalah mampu beradaptasi dengan lokasi baru sehingga tidak mudah stres yang akan berujung pada kematian tanaman.

Bibit belimbing yang digunakan sebaiknya berasal dari perbanyakan vegetatif seperti okulasi dan sambung pucuk. Pastikan bibit yang akan Anda beli terlihat mulus, tidak cacat, dan murni tidak bercampur dengan varietas lain.

Selain membeli sendiri, Anda juga bisa membuat bibit sendiri jika sudah memahami cara pembibitan. Jika ingin membeli, pastikan toko pertanian tersebut tepercaya untuk mendapatkan kualitas bibit yang baik.

Bibit belimbing yang dijual lebih sering diperbanyak dengan cara okulasi dan bibit sambungan. Tanaman belimbing jarang diperbanyak dengan sistem cangkok karena tanaman bisa mengalami kesulitan saat membentuk akar.

Baca Juga:  Pepaya Carmida Bagus untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

Bibit yang digunakan sebaiknya sudah tumbuh hingga setinggi 50—100 cm. Ketinggian tersebut menandakan bibit sudah siap dipindahkan ke dalam pot atau lubang tanam. Waktu yang tepat untuk menanam bibit tersebut adalah menjelang musim hujan agar saat masa pertumbuhan, tanaman bisa mendapatkan air yang cukup.

Sebelum dipindahkan, lahan atau media tanam harus diolah terlebih dahulu dengan penambahan pupuk dasar untuk memperkaya unsur hara di dalam tanah.

 

Loading...
Loading...