Tips Memilih Bibit Cengkih yang Berkualitas Baik


Pertanianku — Cengkih merupakan salah satu komoditas unggulan yang memiliki nilai jual tinggi. Bayangkan, satu pohon cengkih saja bisa menghasilkan keuntungan puluhan juta rupiah. Namun di balik itu, cara memilih bibit cengkih yang bagus merupakan kunci keberhasilan yang wajib diketahui para petani cengkih.

cara memilih bibit cengkih
Foto: Pixabay

Pohon cengkih umumnya dikembangbiakkan secara generatif atau melalui bijinya. Langkah pertama memilih bibit cengkih yang berkualitas adalah dengan merawat pohon cengkih yang kita jadikan indukan atau penghasil biji cengkih. Pohon tersebut haruslah dirawat dengan istimewa dan diberi pupuk secara teratur.

Syarat pohon cengkih yang layak untuk dijadikan indukan, yakni pohon harus sehat, berdaun rimbun dan tidak pernah terserang penyakit atau hama, percabangannya rapat dan dimulai dari bawah, pohon cengkih sebisa mungkin berbunga terus tiap kali musimnya, dan pohon telah berusia lebih dari 10 tahun.

Cara mendapatkan bibit cengkih

  1. Ambil biji cengkih yang telah masak

Bagaimana cara membedakan biji cengkih yang sudah masak dan yang belum? Coba Anda perhatikan perubahan warna biji cengkih tersebut. Jika biji telah berwarna ungu kehitaman, berukuran besar, serta berusia 4—5 bulan pascapanen. Atau, bisa juga dilihat dari 9—10 bulan pascabakal buah yang terjadi di Nopember.

  1. Kupas kulit bijinya

Setelah semua biji berkualitas telah dikumpulkan, langkah selanjutnya dalam cara memilih bibit cengkih yang bagus adalah dengan menguliti biji tersebut. Usahakan saat mengupas kulit bijinya, Anda tidak mengenai daging biji dan melukainya.

Jika biji mengalami luka, kemungkinan untuk bisa tumbuh akan sangat kecil. Kalau pun bertumbuh, tunasnya kurang baik dan mengalami sejumlah masalah dalam proses perkembangannya. Selanjutnya, cuci hingga bersih biji-biji yang Anda kupas tadi.

  1. Sortir biji cengkih tersebut
Baca Juga:  Kapuk Randu, Tanaman Industri yang Masih Digemari

Penyortiran biji cengkih sangat diperlukan untuk memisahkan biji yang berukuran kecil, memiliki bercak, serta tidak layak semai. Jika langkah-langkah di atas telah Anda kerjakan, cara memilih bibit cengkih yang bagus telah rampung. Bibit pun sudah dapat disemaikan untuk ditanam kembali. Langkah ini penting juga dalam cara memilih bibit jahe merah.

  1. Membeli bibit cengkih di toko pertanian atau toko online

Sekadar tips bagi Anda yang tidak memiliki pohon cengkih sendiri, atau tidak bisa mendapatkan bibit cengkih secara langsung dari petaninya, Anda bisa memperolehnya di toko-toko pertanian atau via online. Pilihlah bibit yang dikemas secara khusus, yang dibungkus bersama dengan sekam atau juga serbuk kayu basah. Hal ini ditujukan agar bibit cengkih tidak mudah kering sebelum digunakan.