Tips Memilih Buah Durian


Pertanianku – Memilih durian bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak pembeli merasa tertipu ketika salah memilih durian di pedagang tepi jalan. Terkadang durian yang dibelinya busuk, belum matang, atau bahkan diserang ulat. Berikut adalah tips memilih buah durian.

Manfaat Kesehatan Durian

-Bentuk buah yang unik dan tidak bulat biasanya memiliki daging isi yang tebal, manis, dan berbiji kurus.

– Pilihlah durian yang memiliki duri yang jarang, duri berukuran besar, dan agak tumpul. Biasanya durian yang seperti ini memiliki isi yang bagus, dagingnya kering, dan manis. Selain itu, dengan kondisi duri yang demikian, akan lebih mudah untuk membukanya.

– Pastikan kulit luar buah durian tidak cacat. Jika ada cacat pada kulitnya (misalnya busuk atau ada lubang ulat), kemungkinan isi dalamnya busuk dan tidak dapat dimakan.

– Sebaiknya tidak memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada bagian ujungnya. Retak atau pecahnya kulit durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas sehingga rasa buah tersebut menjadi asam atau tawar.

– Pilih durian yang mengeluarkan aroma kuat dan harum karena sudah matang. Jika aroma durian kurang menusuk, artinya tingkat kematangan durian tidak sempurna. Kemungkinan, buah tersebut matang tidak secara alami, melainkan telah dikarbit atau diperam. Buah yang seperti ini tidak lagi segar dan rasanya kurang nikmat.

– Anda juga bisa mengecek kelayakan durian dengan cara menggoncangnya. Gunakan semua jari tangan dan kedua telapak tangan Anda. Tempelkan kedua telapak tangan pada buah durian, diikuti dengan jari-jari tangan dan pegang erat. Denganmenggabungkan seluruh jari dan kedua telapak tangan, akan mengurangi tekanan dari durinya. Kemudian, gunakan tenaga pada lengan untuk mengangkatnya dan menggoncangkannya perlahanlahan, lalu sedikit agak keras. Jika Anda merasakan getaran kecil, artinya isi buah tersebut kering dan matang karena isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam. Sementara isi yang lembap atau terlalu lunak akan melekat.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

– Durian yang telah matang akan memiliki bunyi khas. Untuk mengetahuinya, gunakan gagang pisau, dan pukulkan pada kulit durian. Pastikan bunyinya seperti buk…buk….buk… Tandanya, durian tersebut sudah matang.

 

 

Sumber: Buku Berkebun Durian Unggul

 

loading...
loading...