Tips Memilih Diskus untuk Hobiis Pemula


Pertanianku Memilih diskus untuk dipelihara tentunya bukan hal yang mudah. Pemilihan calon induk yang sudah matang kelamin menjadi kuncinya agar anakan diskus yang dihasilkan sehat, tidak cacat, dan gerakannya lincah.

Memilih diskus
Foto: Google Image

Jika Anda seorang pemula dan ingin membeli diskus di toko-toko ikan hias, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih.

  1. Membeli pasangan diskus yang sudah jadi

Memilih diskus dengan cara membeli pasangan yang sudah jadi bukanlah hal yang mudah bagi pemula. Selain harganya mahal, membelinya juga harus kepada sumber yang terpercaya.

Disamping itu, diskus sulit dibedakan antara jantan dan betina. Ikan yang dibeli mungkin saja sudah sepasang, sering bertelur dan mengasuh anak-anaknya, tetapi usianya sudah tua kemudian jadi jarang bertelur setelah menjadi milik Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati ketika membeli pasangan diskus.

  1. Membeli calon induk yang sudah matang kelamin

Ada cara lain yang dapat ditempuh dan tidak memakan waktu lama, yaitu dengan membeli calon-calon induk yang telah berumur kira-kira satu tahun dan sudah matang kelamin. Sekitar 2—3 bulan, Anda akan mendapatkan pasangan baru yang benar-benar produktif. Tanda-tanda diskus matang kelamin adalah jika terlihat alat kelaminnya sudah menonjol ke luar. Biasanya, diskur dengan umur itu sudah berukuran 4 inci.

  1. Membeli calon induk dari kecil

Membesarkan sendiri calon induk dari kecil adalah cara terbaik, tetapi harus menunggu agak lama. Solusinya, ada baiknya Anda menggabungkan ketiga cara ini. Membeli pasangan yang sudah jadi dalam jangka pendek dan siapkan calon induk yang sudah matang kelamin untuk jangka menengah. Untuk jangka panjang, bisa membeli diksus yang berukuran 1—2 inci untuk dibesarkan sendiri kira-kira 50—100 ekor.

Baca Juga:  Panduan Praktis Budidaya Diskus

Setelah diskus berukuran kira-kira 3 inci, mulai lakukan seleksi untuk memilih yang akan dibesarkan, yaitu sekitar 50% dan sisanya bisa Anda jual. Jika diskus sudah berukuran 4 inci, diseleksi sekali lagi untuk memilih yang terbaik dan selanjutnya dipelihara di akuarium perjodohan yang dilengkapi dengan peralatan serta substrat tempat bertelur sebanyak 2—3 buah.

loading...
loading...