Tips Memilih Iguana yang Tepat

Pertanianku — Iguana menjadi salah satu reptil yang dipelihara oleh sebagian orang karena memiliki bentuk dan warna yang indah. Anda bisa mendapatkan iguana dengan cara membelinya langsung pada penangkaran yang mengembangbiakkan iguana. Memilih iguana untuk Anda pelihara, tidak bisa sembarangan. Agar tidak salah pilih, perhatikan beberapa tips memilih iguana yang tepat di bawah ini.

memilih iguanan
foto: pertanianku

Tampilan fisik

Pilihlah iguana yang terlihat sehat, aktif, waspada, dan tidak mudah panik. Jangan membeli iguana yang kurus, tampak lesu, tidak sehat, dan tidak mau makan. Pilihlah iguana yang memiliki panjang tidak lebih dari 60 cm. Sebaiknya, hindari iguana yang terlihat penakut. Anda lebih aman untuk membeli iguana langsung di penangkaran atau pada seseorang yang menangkarkan dan pilihlah iguana dengan show quality yang tinggi.

Loading...

Panjang iguana tidak lebih dari 60 cm

Jangan membelli iguana yang sudah dewasa dan panjangnya lebih dari 60 cm. Hal ini dikarenakan iguana tersebut mudah stres jika dipelihara di lingkungan baru, meskipun mulanya iguana ini tampak sehat.

Stres tersebut dapat menurunkan nafsu makan iguana dan secara otomatis daya tubuhnya pun akan berkurang secara perlahan-lahan sehingga iguana gampang terserang penyakit atau parasit.  Pilihlah iguana yang masih kecil biasanya memiliki sikap toleran terhadap makanan apa saja. Dengan demikian, iguana dapat Anda berikan makanan apa saja.

Tampak kurus, lesu, tidak sehat, dan tidak mau makan

Sebaiknya, hindari iguana dengan bobot tubuh yang ringan, kulit tampak kering dan jarang terkelupas, mata cekung, serta kurang waspada. Iguana sakit ditandai dengan keluarnya cairan dari mulut atau hidung iguana.

Sebaiknya, jangan juga memilih iguana yang terdapat gumpalan-gumpalan aneh di tubuhnya, termasuk pada bawah kulit dan sepanjang rahang, serta jari-jarinya yang terlihat membengkak. Hindari juga iguana yang memiliki bercak hitam tak merata.

Baca Juga:  Pakan Jangkrik yang Sesuai dengan Umur Jangkrik

Iguana penakut

Selain tampilan fisik, Anda juga haru memerhatikan perilaku iguana. Jangan pilih iguana yang penakut. Iguana penakut cenderung berjalan ke sudut-sudut dan berjalan bolak-balik tanpa arah apabila didekati. Iguana penakut akan sulit untuk akrab dan mudah stres sehingga sulit untuk dikembangkan di penangkaran ataupun menjadi hewan peliharaan.

Iguana show quality (kualitas kontes)

Iguana show quality akan memiliki gelambir yang utuh tanpa cacat, duri atas lengkap tidak terputus-putus, kuku lengkap, ekor lengkap dan tidak ada bekas putus, tidak ada luka pada mulut, serta memiliki warna dan corak yang menarik.

Loading...
Loading...