Tips Memilih Ikan Budidaya

Pertanianku — Pemilihan ikan budidaya yang tepat menjadi salah satu faktor yang dapat membuat budidaya berjalan lancar. Pemilihan ikan tidak bisa dilakukan sembarangan. Pemilihan tersebut harus memerhatikan kondisi lokasi budidaya, mudah dibudidayakan, laku di pasaran, dan tentunya menciptakan kenyamanan tersendiri bagi pembudidaya.

ikan budidaya
foto: Pertanianku

Bisa jadi ikan yang cocok dan berhasil dibudidayakan di suatu daerah belum tentu cocok untuk daerah lain. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, seperti sumber air, suhu lingkungan, dan kondisi kolam yang ada.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin memilih ikan budidaya.

Teknik budidaya

Ada beberapa ikan yang memerlukan teknik budidaya khusus. Oleh karena itu, pembudidaya perlu mempertimbangkan terlebih dahulu teknik budidaya yang dikuasai. Dengan menguasai teknik budidaya, pembudidaya akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaannya.

Ketahanan tubuh

Pilih ikan dengan ketahanan tubuh yang baik. Ikan seperti makhluk hidup lain yang dapat mengalami stres atau kematian, apalagi jika kondisi lingkungan hidupnya buruk. Oleh karena itu, ikan dengan ketahanan tubuh baik akan lebih mudah ditangani karena tidak memerlukan banyak penanganan khusus.

Stabilitas harga

Ikan yang dibudidaya sebaiknya memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan dalam segmentasi dan kondisi apa pun. Tujuannya, agar ikan yang Anda panen tetap laku di pasaran dengan harga yang bagus, meskipun dijual dalam segmen benih atau konsumsi.

Digemari masyarakat

Ikan yang sudah dikenal dengan cita rasa enak dan digemari masyarakat tentunya labih mudah dipasarkan. Dengan begitu, hasil panen Anda lebih mudah diserap dan menghasilkan keuntungan yang cukup bagus.

Pertumbuhannya cepat

Ikan dengan pertumbuhan cepat, lebih menguntungkan karena pemberian pakan menjadi lebih sedikit dan waktu pemeliharaan lebih cepat. Saat ini banyak pembudidaya yang memacu pertumbuhan ikan dengan memberikan pakan bergizi lengkap dan takaran yang optimal.

Baca Juga:  Teknologi Budidaya Ikan Bubara untuk Memacu Produksi Ekspor

Pakan mudah didapatkan

Saat memutuskan untuk memilih ikan budidaya, Anda juga perlu mempertimbangkan pakan ikan tersebut. Pakan menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi setiap hari dan berperan besar dalam modal produksi. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan pakan yang dibutuhkan oleh ikan tersebut dan ketersediaan pakan di wilayah yang Anda pilih.