Tips Memilih Ikan Koi yang Berkualitas

Pertanianku – Secara umum, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih koi yang berkualitas, yakni sebagai berikut.

Membedakan Koi Jantan dan Betina

  • Pilih koi dengan bentuk tubuh ideal, yakni dengan membandingkan antara tmggi tubuh dan panjang tubuh yang idealnya 1 : 2, 3—3. Selain itu, pilih koi yang bentuk tubuhnya bulat, memanjang, tidak terlalu gemuk, memiliki garis punggung yang lurus, sirip dada dan sirip perutnya sama besar serta memiliki sirip punggung dan sirip ekor yang proporsional dengan tinggi dan panjang tubuh.
  • Memiliki gaya berenang yang tenang dan seimbang. Hal ini menandakan bahwa koi memiliki sirip yang simetris berpasangan.
  • Jangan pilih koi yang terlihat lesu atau senang menyendiri karena menandakan koi sedang tidak sehat.
  • Pilih koi dengan warna tubuh yang cemerlang, memiliki pola dengan batas yang jelas, dan tanpa bercak warna yang tidak jelas. Bila berwarna merah maka merahnya harus cerah, bila berwarna putih maka harus seputih salju.
  • Pilih koi yang memiliki Bentuk kepala, mata, mulut, dan insang yang proporsional Perhatikan pula bentuk hidungnya, sebaiknya jangan pilih yang terlalu mancung atau terlalu pesek.

 

Loading...

Sumber: Buku 200 Tips Merawat Ikan Hias Di Rumah

Loading...
Loading...