Tips Memilih Itik Remaja yang Bagus Dijadikan Bibit

Pertanianku — Bibit itik pada usaha peternakan itik petelur bisa didapatkan melalui dua cara, yaitu membeli itik umur sehari (Day Old Duck/DOD) atau memilih itik remaja yang sudah siap bertelur (umur 4–18 minggu). Anda juga bisa menetaskan bibit sendiri. Cara ini dapat dilakukan ketika Anda sudah memahami dengan baik seluk-beluk ternak itik dan memiliki sumber daya serta peralatan yang memadai.

itik remaja
foto: Pertanianku

Dibanding membeli DOD, peternak itik petelur lebih sering membeli itik remaja. Alasannya, itik remaja lebih mudah dipelihara. Saat Anda memilih DOD, Anda harus menyiapkan kandang yang tepat dan mampu melindungi anak itik yang masih rentan mati. Berbeda dengan DOD, itik remaja justru cenderung memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah.

Saat membeli itik remaja sebagai bibit, pastikan itik dalam keadaan sehat. Kondisi bibit yang buruk bisa menjadi cikal bakal kerugian yang akan muncul di kemudian hari. Kondisi kesehatan tersebut bisa dilihat dari penampilan fisik itik seperti berikut.

  • Mata bersinar, bersih, dan tampak seperti mata katak.
  • Paruh simetris dan relatif panjang. Kondisi paruh ini menandakan itik memiliki nafsu makan tinggi.
  • Bagian kepala agak memanjang dan tidak besar.
  • Badan itik tampak kompak, tegak, dan pada bagian dada terlihat meruncing. Di kalangan peternak, keadaan itik seperti ini dikenal dengan sebutan amplop mangga.
  • Pada bagian dubur terlihat membesar. Kondisi dubur ini menandakan produktivitas itik tinggi dan itik tidak akan kesulitan ketika bertelur.

Selain lebih mudah dirawat, pembelian bibit DOD itik lokal cenderung masih rendah. Pasalnya, belum banyak peternak yang menyediakan DOD lokal dalam jumlah besar. Rata-rata peternak itik menyiapkan DOD dalam jumlah yang kecil. Selain itu, mesin tetas yang dimiliki memang hanya berkapasitas ratusan butir.

Baca Juga:  Tingkatkan Bobot Kambing dengan Pakan Kaya Protein

Hal ini ditambah lagi dengan kondisi tubuh anak itik berumur satu hari masih rentan untuk dikirim ke daerah yang relatif jauh. Itu sebabnya peternak lebih sering menjual anak itik berumur satu minggu dibanding dengan itik berumur satu hari.