Tips Memilih Jenis Tanaman Kayu Industri yang Tepat

Pertanianku — Sektor industri kayu memiliki peluang bisnis yang menjanjikan karena usia bisnis ini tidak pernah berhenti. Kebutuhan kayu tidak pernah berhenti, permintaannya datang dari berbagai industri, dan bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Sebelum memulai budidaya tanaman kayu industri, Anda harus mengenali kesesuaian tempat tumbuh tanaman. Simak ulasan berikut.

tanaman kayu
foto: Pertanianku

Lahan rawa

Daerah rawa dicirikan dengan adanya genangan air yang terjadi secara permanen ataupun temporal. Genangan tersebut disebabkan oleh tidak ada sistem drainase alami. Ada dua jenis lahan rawa yang dapat Anda jumpai, yaitu rawa pasang surut dan rawa nonpasang surut alias lebak.

Sebagian besar lahan rawa di Indonesia merupakan rawa lebak. Lahan rawa di Indonesia masih belum dimanfaatkan secara sempurna untuk usaha pertanian, padahal lahan ini memiliki potensi yang sangat besar. Tanaman kayu yang bisa tumbuh subur di kawasan ini adalah jelutung rawa dan gempol.

Dataran rendah

Dataran rendah memiliki vegetasi yang beragam. Oleh karena itu, ada banyak jenis pohon yang bisa tumbuh di kawasan ini. Ketinggian dataran rendah sekitar 0–500 m dpl. Jenis tanaman kayu yang dapat tumbuh di dataran rendah adalah binuang, jabon, sengon, pulai, jati, dan meranti.

Dataran menengah

Dataran menengah berada di ketinggian 500–1.000 m dpl. Ada beberapa jenis tanaman yang memiliki toleransi terhadap ketinggian dataran ini tanpa mengalami perlambatan pertumbuhan. Tanaman kayu yang bisa tumbuh subur di dataran menengah adalah kayu afrika, gmelina, kenanga, mindi, mahoni, dan, matoa.

Dataran tinggi

Dataran tinggi berada di ketinggian 1.000–1.500 m dpl. Periode penyinaran di kawasan ini tidak penuh 12 jam sehari, terutama pada musim hujan. Kondisi tersebut menguntungkan beberapa tanaman, seperti suren, damar, pinus, dan saninten.

Baca Juga:  Balitbangtan Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Mutu Beras Berbasis Android

Semua jenis kayu tadi diulas dalam buku Bisnis dan Budi Daya 18 Kayu Komersial. Di buku tersebut Anda bisa mendapatkan referensi mengenai kriteria kayu, cara budidaya, hingga cara mengawetkan kayu. Untuk mendapatkannya, silakan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya dan Shopee Mall Penebar Swadaya.