Tips Memilih Kandang Sewa untuk Beternak Ayam

Pertanianku — Pembangunan kandang membutuhkan modal yang cukup besar dan harus disesuaikan dengan lokasi usaha serta tujuannya. Tak heran, kandang sering menjadi permasalahan bagi peternak pemula. Banyak yang lebih menyarankan untuk menggunakan kandang sewa terlebih dahulu selama beberapa bulan hingga peternak benar-benar siap mengembangkan usaha peternakannya.

kandang sewa
foto: Pertanianku

Dengan menyewa kandang, peternak dapat belajar untuk menguasai segala kondisi yang terjadi di dalam kandang, baik kondisi yang disebabkan oleh teknis maupun nonteknis, termasuk pemasarannya.

Antisipasi ini diperlukan bagi peternak pemula karena akan ada banyak kejadian yang bisa ditemui selama proses pemeliharaan. Dengan begitu, ketika peternak merasa syok dan tidak kuat untuk melanjutkan kegiatan usaha, kerugian yang ditimbulkan tidak akan terlalu besar.

Setelah peternak mampu mengendalikan seluruh kodisi, peternak bisa memutuskan untuk membangun kandang, membeli, meneruskan menyewa kandang, atau menghentikan usaha.

Harga sewa kandang jauh lebih murah ketimbang membangun kandang sendiri. Peternak juga bisa langsung membersihkan kandang agar bisa digunakan. Namun, pemilihan kandang sewa tidak boleh dilakukan sembarangan. Peternak harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti harga, lokasi, kondisi lingkungan, sejarah kandang, dan cara pembayaran.

Harga kandang

Harga sewa yang diajukan harus rasional dengan fasilitas kandang yang diberikan. Jangan sampai harga terlalu mahal sedangkan fasilitas yang disediakan tidak sesuai.

Lokasi aman

Lokasi kandang sangat memengaruhi aktivitas peternakan. Oleh karena itu, pilihlah kandang yang berlokasi di wilayah aman, misalnya tidak dalam keadaan sengketa.

Lingkungan mendukung

Kondisi di lingkungan kandang juga sangat memengaruhi aktivitas peternakan. Pilihlah kandang di lingkungan yang mendukung seperti tidak berada di dekat pemukiman warga dan tidak tercemar zat berbahaya.

Sejarah kandang

Peternak wajib mengetahui sejarah kandang untuk mengetahui jenis penyakit apa saja yang pernah menyerang kandang tersebut. Hal ini karena ada beberapa jenis penyakit yang cukup berbahaya dan sulit dihilangkan.

Baca Juga:  Tips Menjaga Kehangatan untuk Anak Itik

Sistem bayar

Usahakan pilih kandang yang dapat dibayar per periode untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Jangan pilih kandang yang dibayar dengan sistem tahunan karena sangat berisiko.