Tips Memilih Kepiting Berdaging Tebal

Pertanianku Memilih kepiting segar memang gampang-gampang susah. Cangkang yang tebal membuat sebagian orang sulit mengetahui banyaknya daging kepiting. Berikut ini tips memilih kepiting berdaging tebal.

Memilih kepiting
Foto: pixabay

Warna dan aroma

Dari segi warna dan aroma, kepiting segar berdaging tebal memiliki ciri khusus. Pilihlah kepiting dengan cangkang yang masih berwarna lebih kusam dan tergores. Hal ini menjadi tanda kepiting siap ganti kulit dan memiliki daging yang tebal. Dari segi aroma, kepiting segar tidak berbau tajam.


Loading...

Cek mata

Periksa bagian mata kepiting. Kepiting yang masih segar pasti masih memiliki mata yang lengkap. Selain itu, kedua matanya juga masih bergerak. Mata kepiting bisa rusak karena gigitan nyamuk ataupun terbentur benda lain.

Tarik ujung kaki kepiting

Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mencari tahu kepiting yang masih segar dan berdaging tebal. Coba tarik ujung kaki kepiting. Jika kepiting masih bergerak melawan, berarti dia masih segar dan dagingnya juga masih bagus.

Tekan siku kepiting

Selain kaki, siku kepiting juga bisa menunjukkan kesegaran kepiting. Tekan siku kepiting dan lihat apakah ia akan kembali menggembung selepas ditekan. Jika menggembung, bagian dalamnya masih berupa daging yang padat.

Capit

Salah satu daging kepiting yang diminati adalah bagian capitnya. Pilihlah kepiting dengan bagian capit yang besar. Selain itu, periksa apakah capit ini sudah retak atau masih kokoh. Pilih pula capit yang dapat berfungsi dengan baik.

Periksa bagian bawahnya

Kepiting jantan memiliki alur membentuk segitiga dan runcing di bagian bawah badannya. Sebaliknya, kepiting betina memiliki bagian bawah berbentuk bulat. Tekan lembut bagian bawah perut untuk menguji cangkang. Jika keluar semburat biru dan terasa lembut, hal tersebut menunjukkan daging kepiting yang kurang padat. Jika kencang, bagian isi perutnya masih banyak.

Baca Juga:  Racik Sendiri Pakan Lele Alternatif

Tempat penyimpanan

Kepiting yang disimpan di tempat kering sebaiknya kamu pilih ketimbang kepiting yang disimpan dalam air. Hal ini karena dalam air, energi kepiting lebih cepat habis. Idealnya kepiting harus dimasak maksimal dua hari setelah ditangkap. Jika lebih dari itu, rasa dan teksturnya akan berubah.

Loading...
Loading...