Tips Memilih Kucing


Pertanianku – Kucing merupakan hewan karnivora. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing ras atau galur murni (pure breed) di antaranya dari jenis persia, siam, manx, dan sphinx. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia. Sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran, seperti kucing liar atau kucing kampung.

Tips Memilih Kucing

Bagi pecinta kucing (catlover) yang ingin membeli kucing sebaiknya memperhatikan baik-baik kondisi kucing saat memilih. Berikut ini beberapa tips dalam memilih kucing.

  • Pastikan bahwa kucing yang akan Anda beli dalam keadaan sehat, bebas dari berbagai macam penyakit. Meskipun sedang tidur, ciri kucing yang sehat jika dibelai akan bangun dan merespon.
  • Periksa bentuk dan anatomi tubuh, apakah ada yang cacat dan bengkok atau tidak. Perhatikan juga kebersihan dan kesehatan telinga dari parasit telinga (scabies).
  • Pilih kucing yang berbulu sehat. Jika ada jamur pada kulitnya, jangan dipilih karena sebagian jenis jamur menular pada manusia.
  • Pilih kucing yang tidak berkutu. Kucing yang berkutu menandakan bahwa kucing tersebut kurang terawat atau lingkungannya kurang tepat.
  • Pilih kucing yang kotorannya berbentuk padat normal, bukan yang encer atau cair. Bentuk kotoran yang encer (diare) dapat disebabkan oleh bakteri atau cacingan.
  •  Pilih kucing yang tidak agresif dan tidak liar karena bisa membahayakan kucing lain atau manusia.

 

Tips Memilih Kucing

Sumber: 242 tips merawat binatang kesayangan

 

loading...
loading...