Tips Memilih Mangga Manis dan Segar

Pertanianku Memilih mangga manis dan segar membutuhkan beberapa tips. Di pasaran, mangga biasanya disajikan dalam keadaan sudah masak. Rasa yang diharapkan pun manis merata dan bisa diolah. Namun seringkali, mangga yang tidak matang di pohon memiliki rasa yang lebih hambar.

Memilih mangga manis
Foto: pixabay

Agar tidak salah pilih, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetes apakah mangga pilihan Anda sudah benar-benar berkualitas. Langkah-langkah ini pun sangat mudah dan bisa diterapkan di mana saja, baik di pasar maupun toko buah supermarket.

Pertama, sebelum membeli yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan bentuknya. Mangga yang sudah matang memiliki ciri khas berupa bentuk bulat di bagian atas.

Loading...

Mangga dengan bentuk bagian atas membulat rasanya akan lebih manis ketimbang mangga dengan bentuk lonjong. Ada pula bentuk mangga yang cenderung pipih. Akan tetapi, agar tidak salah pilih Anda bisa menerapkan tips kedua.

Tips berikutnya adalah dengan mencium aroma mangga. Aroma mangga yang sudah matang sangatlah khas dan cenderung kuat. Aroma ini bisa tercium dari jarak yang cukup jauh tanpa perlu didekatkan langsung ke hidung.

Mangga yang masih mentah biasanya tidak memiliki aroma atau aromanya masih sangat lemah. Dengan demikian, Anda bisa memilih mangga yang Anda inginkan.

Cara ketiga adalah dengan meneliti ketebalan kulit mangga. Mangga matang memiliki kulit yang lebih tipis ketimbang mangga yang masih mentah. Jika terdapat sampel buah yang sudah dibuka, Anda bisa memperhatikan pada contoh buah tersebut untuk memastikan apakah mangga yang dijual sudah masak atau belum.

Tanda berikutnya bisa dilihat dari bagian pangkal batang buah mangga. Pangkal batang ini bisa terlihat di ujung atas buah mangga. Jika Anda mencari buah yang masak pohon, sebaiknya hindari memilih mangga yang dipetik dengan cara dipaksa atau digunting.

Baca Juga:  Pepaya Carmida Bagus untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

Mangga yang dipetik paksa biasanya belum terlalu matang ketika dipetik. Dengan begitu, rasanya pun tidak semanis mangga yang masak pohon. Mangga yang tidak dipetik paksa akan memiliki lubang lebih dalam di bagian pangkal batang. Mangga ini juga biasanya tidak memiliki sisa batang yang tersisa pada buahnya.

Cara terakhir adalah dengan melihat kulit mangga yang dijual. Sebenarnya, warna kulit ini dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah jenis mangga yang dijual. Mangga matang umumnya akan berubah warna kulitnya menjadi kuning atau oranye. Namun, ada beberapa mangga yang meskipun sudah masak, kulitnya masih berwarna hijau.

Perhatikan pula bagian dekat pangkal batang mangga. Periksa apakah terdapat noda hitam atau tidak. Noda tersebut merupakan tanda bahwa mangga sudah matang.

Namun, bila ternyata mangga yang Anda pilih memiliki terlalu banyak bintik hitam, bisa jadi noda tersebut merupakan tanda bahwa mangga sudah busuk.

Loading...
Loading...