Tips Memilih Nanas yang Tepat untuk Keluarga


Pertanianku — Buah nanas merupakan salah satu buah favorit banyak orang karena memiliki cita rasa manis dengan campuran asam yang menyegarkan. Belum lagi, buah ini juga bisa diolah menjadi berbagai sajian. Sayangnya memilih nanas tidaklah mudah.

memilih nanas
Foto: Pixabay

Jika salah pilih, buah nanas yang Anda peroleh hanya memiliki rasa asam dan belum matang. Dalam hal ini, tentu yang Anda inginkan adalah mendapatkan buah nanas yang rasanya enak bukan?

Untuk itu, berikut ini tips memilih nanas yang tepat untuk keluarga agar buah yang Anda pilih benar-benar matang dan rasanya enak.

  1. Perhatikan daunnya

Buah nanas yang bercita rasa enak dan segar memiliki daun berwarna hijau dan teksturnya gelap. Usahakan untuk menghindari memilih nanas dengan daun yang memiliki noda cokelat. Sebab, hal itu menandakan bahwa buah nanas busuk dan tidak segar.

  1. Bentuk bulat dan penuh

Proses kematangan buah nanas akan berhenti ketika ia sudah dipanen. Jadi, pastikan bentuk bawah nanas bulat dan penuh. Jika bentuknya lonjong, artinya nanas masih muda dan mentah. Hindari kulit nanas yang keriput, hal ini menunjukkan buah nanas yang belum matang.

  1. Buah tidak lembek

Buah nanas yang matang sempurna memiliki tekstur yang tidak lembek. Jangan lupa untuk membandingkan berat buah nanas. Semakin berat buah nanas, itu tandanya buah tersebut memiliki kandungan air yang lebih banyak.

  1. Cium aroma nanas

Hindari memilih nanas yang berbau fermentasi. Meskipun nanas seharusnya berbau manis, hindari memilih nanas yang beraroma terlalu matang seperti bau alkohol maupun cuka. Sebab, hal itu menandakan buah nanas tidak segar.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk memilih buah nanas yang segar. Untuk menjaga buah nanas tetap awet, pastikan menyimpan buah nanas yang sudah dipotong dalam lemari es.

Baca Juga:  Ungkap Rahasia Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan
loading...
loading...