Tips Memilih Pakan Ayam Layer yang Paling Bagus

Pertanianku — Salah satu pengetahuan yang harus diketahui bagi yang ingin menggeluti bisnis ayam layer adalah pakannya. Pasalnya, pakan menjadi penentu kesuksesan peternakan yang digeluti. Semakin berkualitas pakan yang diberikan ayam layer akan semakin produktif dengan menghasilkan banyak telur berkualitas. Nah, berikut ini tips memilih pakan ayam layer yang wajib Anda perhatikan.

tips memilih pakan ayam layer
Foto: Pixabay

Tidak berbau tengik

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pemilihan pakan ayam layer adalah hindari pakan yang berbau tengik. Bau tengik pada pakan menandakan kondisinya sudah tidak bagus karena sudah ditumbuhi bakteri dan jamur. Jika tetap diberikan, akan menyebabkan gangguan pencernaan pada ayam.

Loading...

Tidak menggumpal

Selanjutnya, pilihlah yang tidak menggumpal. Pakan yang masih bagus kondisinya tidak akan pernah menggumpal. Ketika digenggam, pakan tersebut bisa terurai dengan baik. Penggumpalan pada pakan ini bisa disebabkan oleh kerusakan komponen penyusun pakan tersebut.

Kaya protein

Tips memilih pakan ayam layer selanjutnya adalah pilihlah yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein inilah yang nantinya bisa membuat tumbuh kembang ayam layer menjadi maksimal dan produktivitas ayam menjadi meningkat. Dibandingkan dengan kandungan atau nutrisi lain, protein inilah yang persentasenya paling dibutuhkan oleh ayam layer.

Sesuaikan dengan periodenya

Anda juga harus memilih pakan ayam layer yang sesuai dengan periodenya. Jangan memberikan pakan ayam layer starter dengan pakan grower. Sebab, nutrisinya tidak sesuai, begitu pula dengan teksturnya. Hal ini akan menyebabkan ayam mengalami masalah pencernaan, terutama bagi fase starter yang pencernaannya belum sempurna.

Pakan yang kering

Apa pun periode ayamnya, penting bagi Anda untuk memberikan pakan yang kondisinya kering. Pakan yang diberikan dalam kondisi basah hanya akan menyebabkan ayam layer terkena penyakit flu. Selain itu, kandungan air yang berlebihan juga akan menyebabkan kotoran ayam menjadi cair dan hal tersebut akan mengakibatkan kandang menjadi lebih berbau.

Baca Juga:  Ketahui Berapa Lama Daya Tahan Konsentrat
Loading...
Loading...