Tips Memilih Pakan Ayam Pelung yang Paling Tepat

Pertanianku — Pertumbuhan yang baik pada ayam pelung sangat bergantung pada pakan apa yang kita berikan. Pakan yang baik akan menghasilkan ayam pelung indukan yang baik. Akan tetapi, bagaimana tips memilih pakan ayam pelung yang baik?

tips memilih pakan ayam pelung
Foto: Google Image

Sebelumnya, perlu Anda ketahui, pemberian pakan secara rutin perlu dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup ayam pelung. Pakan merupakan sumber pokok untuk memberikan energinya agar dapat bergerak atau beraktivitas sehari-hari.

Seperti kita ketahui, ayam pelung adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Ayam jenis ini memilki 3 sifat genetiknya, suara kokoknya panjang mengalun, pertumbuhannya cepat, postur badan ayam memiliki berat badan mencapai 3 kg lebih dengan postur ayam pelung yang cukup terlihat tinggi.

Loading...

Dalam pemeliharaannya, kita harus selektif terutama saat memilih pakan yang baik untuk menghasilkan ayam pelung berkualitas. Kita juga harus memerhatikan usia ayam pelung, baik untuk ayam pelung anakan maupun indukan. Dengan begitu, kita dapat mengetahui porsi makan masing-masing sesuai dengan umurnya.

Umumnya, pakan ayam pelung sama seperti pakan ayam kampung biasa. Hanya membutuhkan pakan berupa biji-bijian, tepung, dan jenis pakan lainnya. Jika dilihat dari bentuk fisik, ayam pelung membutuhkan pakan seperti gandum, jagung, dan pakan yang berbentuk butiran sebagai sumber karbohidrat.

Pakan seperti tepung gandum, dedak gandum, tepung ikan berguna sebagai sumber protein dan karbohidratnya. Pakan yang berbentuk cair seperti minyak kedelai dan minyak ikan diperlukan sebagai sumber energinya.

Untuk ransumnya, Anda bisa memberikan beberapa bentuk ransum seperti berikut ini.

  • Bentuk tepung komplit adalah tepung yang sudah digiling halus. Jenis ransum ini mudah diserap oleh usus sehingga ransum dapat diberikan untuk ayam pelung anakan dan dewasa.
  • Bentuk butiran merupakan bentuk ransum komplit yang diproses kembali menjadi butiran. Penggunaan ransum ini memang mengurangi pengeluaran. Akan tetapi, ransum ini hanya cocok diberikan untuk ayam pelung dewasa.
  • Bentuk butiran pecah adalah jenis ransum berupa tepung komplit yang diproses menjadi pecahan. Ransum ini cocok untuk semua usia ayam pelung.
Baca Juga:  Manfaat Gula Jawa untuk Ayam Kampung
Loading...
Loading...