Tips Memilih Pakan Domba Yang Baik

Pertanianku – Usaha ternak domba yang efisien dan ekonomis untuk tujuan pembibitan, pertumbuhan, penggemukan, produksi, dan peningkatan persentase kelahiran, berpusat pada persentase pemberian pakan yang memadai. Pemberian jumlah dan mutu pakan yang baik dapat menumbuhkan karkas sesuai sifat genetik yang dimiliki. Oleh karena itu, apabila bibit unggul mendapatkan jumlah dan mutu pakan yang baik, keunggulan yang dimiliki sesuai sifat genetik akan tampak.

Pakan Domba

Dengan alasan tersebut, peran pakan bagi hewan tidak dapat diabaikan. Nutrisi yang terkandung dalam pakan dan masuk ke dalam tubuh domba dapat digunakan untuk mendukung berfungsinya organ fisiologis dalam rangkaian proses pertumbuhan/perkembangan, reproduksi, dan aktifitas biologis lainnya. Nutrisi tersebut ialah energi, protein, vitamin, mineral, dan air. Unsur-unsur ini merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan ternak yang keberadaannya harus diperhatikanpeternak dan disajikan dalam bentuk ransum. Ransum yang diberikan nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan domba, di antaranya kebutuhan hidup dan berproduksi.

Kebutuhan hidup adalah kebutuhan sejumlah nutrisi untuk menjamin keseimbangan dan kondisi tubuh yang normal sehingga mampu melakukan aktivitas seperti bernapas, mencerna pakan, mengatur suhu badan atau melakukan proses metabolisme. Jika nutrisi untuk kebutuhan pokok hidup telah terpenuhi, kelebihan nutrisi itu akan digunakan untuk pertumbuhan dan bereproduksi, atau disimpan tubuh dalam bentuk lemak badan. Sebaliknya, jika ternak domba kekurangan nutrisi yang dibutuhkan dan hal itu berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama, cadangan yang ada dalam bentuk lemak badan akan dimobilisasikan untuk dibakar dan berfungsi sebagai sumber energi.

 

Sumber: Buku Bertenak Domba

 

Baca Juga:  Segmentasi Usaha Ternak Itik yang Bisa Dipilih

loading...