Tips Memilih Pakan untuk Pembesaran Ayam Kampung

Pertanianku — Pakan yang diberikan pada ayam harus diperhatikan kandungannya karena pakan merupakan aspek yang paling vital dalam kehidupan hewan, termasuk ayam. Tanpa ada pakan yang cukup, kebutuhan nutrisi menjadi terhambat dan pertumbuhan menjadi lambat atau terganggu. Pakan untuk pembesaran ayam kampung dapat dibuat sendiri atau membelinya di toko peternakan.

pembesaran ayam kampung
foto: pertanianku

Pada segitiga produksi pakan menempati porsi sebanyak 70 persen dari biaya produksi. Oleh karena itu, peternak harus pintar-pintar menentukan serta menggunakan pakan. Hal ini supaya pakan yang diberikan dapat bekerja efektif dengan biaya yang efisien.

Agar memperoleh keuntungan yang ekonomis, penggunaan pakan harus diberikan berdasarkan kebutuhan nutrisi dari ayam kampung. Jika pemberian pakan pada pembesaran ayam kampung dilakukan seperti itu, penggunaan pakan akan jauh lebih optimal ketimbang pemberian pakan yang dilakukan sembarangan dalam jumlah yang berlebih.

Loading...

Sebelum memberikan pakan, Anda harus mengetahui dahulu kebutuhan nutrisi ayam kampung. Setiap jenjang umur ayam kampung memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Anak ayam yang masih berumur 1—14 hari membutuhkan kadar protein sebanyak 22 persen dan energi 3.050 kkal. Anak ayam yang sudah berumur 15—30 hari membutuhkan kadar protein sebanyak 20 persen dan energi 3.100 kkal.

Ayam yang sudah memasuki fase grower atau berumur 31—60 hari membutuhkan protein sebanyak 19 persen dan energi 2.900. Sementara itu, ayam yang sudah besar membutuhkan protein sebanyak 16—18 persen dan energi 3.000 kkal.

Pakan efisien adalah pakan yang memiliki kualitas dan harga yang dapat memengaruhi keuntungan peternak. Kualitas pakan berpengaruh terhadap konversi jumlah pakan yang dibutuhkan. Semakin berkualitas pakan yang digunakan, jumlahnya semakin sedikit.

Pakan yang dibeli dari pabrik biasanya memiliki kualitas yang terjamin. Namun, harga pakan cukup mahal sehingga dapat membuat biaya produksi meningkat. Jika meramu pakan sendiri, Anda harus mengetahui kandungan nutrisi dari bahan yang digunakan serta teknik membuat pakan.

Baca Juga:  Parasit Domba yang Merugikan

Proses pembuatan pakan sendiri untuk ayam kampung memerlukan keahlian khusus yang harus dimiliki oleh peternak. Peternak akan mendapatkan teknik tersebut dari proses pembelajaran. Oleh karena itu, jangan mudah menyerah untuk terus mempelajari teknik yang benar hingga benar-benar ahli.

Semakin bertambah umur ayam kampung, akan semakin bertambah pula porsi pakan yang dibutuhkan. Misalnya saja untuk ayam berumur satu minggu yang memiliki berat badan 80 gram membutuhkan pakan sebanyak 50 gram per minggu. Sementara itu, ayam berumur 12 minggu dengan berat badan 810 gram membutuhkan pakan sebanyak 590 gram per minggu.

Loading...
Loading...