Tips Memilih Pohon Buah yang Tepat untuk Tabulampot

Pertanianku— Tabulampot atau tanaman buah dalam pot kini sudah menjadi salah ssatu pilihan tanaman yang disukai untuk ditanam di pekarangan. Selain bisa menghasilkan buah, tabulampot juga bisa digunakan untuk mempercantik pekarangan rumah. Ada banyak jenis pohon buah yang ditanam dalam tabulampot. Namun, sebelum memilih pohon buah yang akan ditanam, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini.

memilih pohon buah
foto: pertanianku

Lokasi menanam

Lokasi menanam harus disesuaikan dengan jenis pohon yang akan ditanam agar pertumbuhan tanaman optimal. Hal ini dikarenakan setiap tanaman memiliki karakteristik tempat hidupnya masing-masing agar tumbuh subur. Ada yang bisa tumbuh subur di dataran rendah, ada juga yang tumbuh subur di dataran tinggi.

Loading...

Jika lokasi tempat menanam tidak sesuai dengan karakteristik tanaman, sulit bagi tanaman untuk tumbuh dengan subur. Lokasi tanaman tersebut biasanya terkait suhu, ketinggian, kelembapan, intensitas cahaya matahari, dan lain-lain.

Cara merawat

Setiap tanaman membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda, misalnya ada yang membutuhkan pengairan yang tinggi ada juga yang rendah. Sebelum Anda menentukan jenis pohon yang ingin dipelihara, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu cara merawat tanaman tersebut dengan baik agar Anda bisa menumbuhkan tanaman hingga subur.

Tabulampot membutuhkan perlakuan yang lebih khusus dibandingkan pohon buah yang ditanam di lahan. Perlakuan khusus tersebut biasanya dilakukan untuk merangsang pembuahan. Ada beberapa tanaman buah yang mudah untuk ditanam di dalam pot, ada juga tanaman yang sulit ditanam di dalam pot.

Ketahui jenis tanaman yang bisa ditanam di dalam pot

Meskipun banyak tanaman yang bisa ditanam di dalam pot, tidak semua varietas tanaman bisa ditanam di dalam pot. Misalnya durian, tidak semua jenis tanaman durian bisa ditanam di dalam pot, hanya durian vareitas D24 yang bisa menghasilkan buah jika ditanam di dalam pot.

Baca Juga:  Tips Memilih Bibit Belimbing yang Bagus

Pot untuk menanam

Pot yang digunakan untuk menanam pohon buah di dalam pot harus disesuaikan dengan bentuk pohon agar mampu menopang bentuk pohon yang besar.

Pupuk

Tanaman yang ditanam di dalam pot tidak bisa mencari unsur hara dengan bebas. Anda harus mengetahui jenis pupuk apa yang tepat untuk menumbuhkan tanaman buah pilihan dalam sistem tabulampot.

Untuk memilih tabulampot yang tepat, Anda bisa menghubungi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan berbagai jenis tabulampot yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Toko Trubus juga menyediakan sarana produksi pertanian dan berbagai perlengkapan lainnya seperti pupuk penyubur buah, pestisida, media tanam, dan lainnya. Konsultasikan kebutuhan berkebun di pekarangan Anda dengan langsung menghubungi admin Toko Trubus.

Loading...
Loading...