Tips Memilih Pot yang Tepat untuk Tabulampot

Pertanianku — Pot menjadi kebutuhan utama saat Anda ingin menanam tanaman buah di pot selain media tanam. Pot tabulampot menjadi wadah yang menampung media tanam sekaligus tanaman yang ada di dalamnya sehingga pot harus kuat, indah dipandang, tahan lama, dan memiliki ukuran yang mampu menopang tanaman.

pot tabulampot
Foto: Dok. Pertanianku

Ada banyak jenis pot tabulampot yang bisa dipilih sesuai dengan selera Anda. Saat menaruh pot di halaman, usahakan bagian bawah pot diberikan ganjalan agar air siraman yang masuk ke pot bisa keluar dengan lancar melalui lubang-lubang yang ada di bawah pot. Berikut ini beberapa jenis pot tabulampot yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

Pot plastik

Loading...

Pot plastik merupakan pot yang paling banyak digunakan karena murah, mudah didapat, ukuran bervariasi, dan indah untuk dipandang. Tanaman yang bisa ditanam di dalam pot plastik adalah belimbing, kedondong, jambu biji, buah naga, jambu air, jambu biji, jeruk manis, srikaya, dan buah tin. Daya tahan pot plastik terbilang cukup lama hingga 4—5 tahun jika dirawat dengan benar.

Namun, kekurangan pot plastik terletak pada bagian alas yang mudah dijebol oleh akar tanaman, mudah rusak, dan mudah roboh.

Pot drum

Pot ini sangat cocok digunakan pohon berkayu keras karena ketahanan pot ini sangat kuat. Pohon yang bisa ditanam dalam pot drum adalah mangga, durian, dan rambutan. Daya tahan pot ini bisa mencapai 5—10 tahun lamanya. Namun, biasanya penampilan pot drum tidak semenarik pot plastik sehingga Anda perlu mengkreasikannya agar terlihat menarik, misalnya dicat.

Pot kayu

Pot ini dianjurkan untuk digunakan pada tanaman besar dan tanaman yang sudah berumur tiga tahun ke atas. Pot kayu biasanya digunakan sebagai pot luar atau cover untuk menutupi pot di dalamnya. Fungsinya adalah memperindah penampilan tabulampot yang Anda miliki. Namun, daya tahan pot kayu terbilang sebentar, hanya 2—3 tahun. Selain itu, harga pot kayu terbilang mahal karena penampilannya yang bagus.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Jambu Air Khiojok

Pot semen atau keramik

Pot semen atau keramik sangat bagus digunakan untuk menanam tanaman yang berukuran kecil seperti belimbing, kedondong, buah tin, dan jambu air. Fungsi pot semen atau keramik sama seperti pot kayu, yakni sebagai pot luar yang memperindah penampilan tabulampot. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan pot ini karena mudah pecah dan harganya relatif mahal.

Loading...
Loading...