Tips Memilih Pupuk Organik

Pertanianku — Tidak dapat dimungkiri bahwa performa pupuk organik lebih baik jika dibandingkan dengan pupuk berbahan kimia. Hasil yang didapatkan dari penggunaan pupuk ini lebih berkualitas dan dapat mengefesiensikan biaya produksi. Untuk mengenal lebih jauh lagi bagaimana cara menggunakan pupuk organik, berikut tips memilih pupuk organik.

tips memilih pupuk organik
foto: pixabay

Kelebihan menggunakan pupuk hayati

Salah satu kelebihan penggunaan pupuk organik adalah dapat meningkatkan ketersediaan unsur hara dan kesuburan tanah. Kelebihan lainnya dari pupuk ini adalah meningkatkan kemampuan akar dalam menyerap unsur hara, menekan angka pertumbuhan mikroba patogen, dan mampu meningkatkan produktivitas.

Loading...

Pupuk hayati memiliki kandungan mikroorganisme yang menguntungkan seperti mikroorganisme penambat nitrogen, mikroorganisme pelarut fosfat, mikroorganisme penambah bahan organik, serta hormon tumbuh lengkap.

Pilih sesuai fungsi

Penggunaan pupuk organik juga harus sesuai dengan fasenya. Sebab, beda fase akan beda pula kebutuhan pupuk untuk tanaman. Untuk fase persemaian, Anda dapat menggunakan magicgro G2 yang baik untuk pertumbuhan akar. Pada fase pembesaran dapat menggunakan pupuk magicgro G6, penggunaan pupuk ini bagus pada tanah yang memiliki kandungan unsur hara yang rendah.

Pada masa vegetatif, tanaman membutuhkan banyak nitrogen sehingga gunakan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen yang tinggi. Pada masa generatif, tanaman lebih membutuhkan fosfor dan kalium.

Gunakan pupuk bermikroba

Tips memilih pupuk organik selanjutnya adalah gunaka pupuk bermikroba. Pupuk bermikroba pada dasarnya banyak dijual di toko-toko pertanian. Mikroba ini berfungsi untuk menguraikan elemen pupuk ke dalam bentuk ion sehingga kandungan hara lebih mudah terserap oleh tanaman.

Tidak usah melihat merek

Saat ini merek pupuk organik yang beredar sudah banyak, lebih dari 200 merek telah tersebar. Yang perlu Anda perhatikan adalah kandungan dalam pupuk tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau belum. Tanggal kedaluwarsa pun tidak begitu berpengaruh. Semakin lama disimpan, pupuk tersebut akan semakin bagus.

Baca Juga:  Kenali Ciri-ciri Tanaman Hidroponik yang Kekurangan Mineral

Hindari pemakaian pupuk hanya satu merek

Setiap merek pupuk akan memiliki kandungan unsur hara mikro dan makro yang berbeda-beda. Jika penggunaan pupuk terus dilakukan dengan merek yang sama, akan menimbulkan ketidakseimbangan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan seluruh unsur hara mikro dan makro secara lengkap, gunakan pupuk yang berbeda-beda.

Loading...
Loading...