Tips Memilih Semangka yang Berkualitas


Pertanianku — Apakah Anda pernah merasa tertipu saat membeli semangka? Seringkali pertimbangan konsumen dalam membeli semangka pasti melihat buah yang warnanya bagus dan besar, tapi saat dimakan, semangka tersebut rasanya hambar. Lantas, bagaimana tips memilih semangka yang berkualitas?

tips memilih semangka
Foto: Pixabay

Nah, supaya Anda tidak salah lagi dalam memilih semangka, maka simaklah tips memilih semangka yang tepat, dikutip dari Zester Daily.

  1. Jangan beli semangka saat musim hujan

Dalam perkembangannya, buah semangka membutuhkan sinar matahari yang cukup. Tapi bila musim hujan, biasanya semangka akan terasa kurang manis. Hal ini berlaku untuk banyak buah yang memiliki rasa manis.

  1. Belilah semangka lokal

Ada baiknya Anda membeli semangka lokal karena kemungkinannya mendapat buah yang baru matang dari pohonnya langsung lebih besar.

  1. Tepuk buah semangka

Jika Anda menepuk semangka dan tidak menghasilkan bunyi nyaring, itu tandanya semangkanya sudah matang dan biasanya manis. Jika masih bergema kencang berarti semangka tersebut masih muda jadi kurang manis rasanya.

Namun terkadang apabila Anda tepuk terdengar bunyi ‘puk puk puk’ atau ‘dung dung dung’ layaknya suara drum, bisa jadi buah semangkanya justru terlalu matang atau sudah lama. Hal tersebut mengakibatkan rasa manisnya akan berkurang.

  1. Pilih yang garisnya hijau tua

Lihat semangka di bagian atasnya terlebih dahulu. Di situ akan terlihat ada garis-garisnya. Sebaiknya Anda memilih semangka dengan garis-garis berwarna hijau tua. Ini sudah dipastikan semangka yang akan Anda pilih berwarna merah di bagian dagingnya.

  1. Lihat tangkainya

Lihat pada bagian tangkai di atas semangka. Kalau tangkainya terlihat mengering dan saat ditarik secara perlahan tangkainya mudah terlepas dari buahnya, itu menandakan semangkanya sudah matang.

  1. Lihat bagian bawah semangka
Baca Juga:  Penggunaan ZPT Bisa Bantu Perbanyak Buah Cabai

Ini merupakan salah satu cara sederhana lain yang patut dicoba. Biasanya di semangka ada sebuah lingkaran kecil di bagian bawahnya. Kalau ukuran lingkaran tersebut semakin kecil, maka akan semakin manis rasa semangkanya.

  1. Pilih yang berat

Pilih semangka yang terasa lebih berat. Hal tersebut menandakan bahwa kandungan air di dalam buah semangka tersebut lebih banyak.