Tips Memilih Telur yang Bagus untuk Dikonsumsi

Pertanianku — Telur adalah sumber nutrisi yang lengkap dan sangat baik bagi tubuh. Putih telur mengandung protein yang baik untuk meregenerasi sel dalam tubuh serta membentuk antibodi. Sementara itu, di dalam kuning telur terkandung vitamin D, A, dan E, lecithin, serta mineral penting seperti kalsium. Sangat penting untuk mengetahui cara memilih telur yang bagus. Hal ini karena telur tersebut dapat memberikan nutrisi yang lebih berkualitas.

memilih telur yang bagus
foto: pertanianku

Nomor kontrol veteriner

Memilih telur yang bagus dapat dilakukan dengan mudah jika telur memiliki NKV (nomor kontrol veteriner) resmi dari pemerintah. Biasanya NKV akan tercantum pada kemasan dan di setiap telur terdapat stempel. Namun, tidak semua telur memiliki NKV, apalagi jika telur didapatkan dari peternak kecil. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tanda-tanda telur yang bagus lainnya.

Loading...

Tampilan fisik

Perhatikan penampilan fisik telur. Pilihlah telur dengan cangkang yang bersih. Pastikan tidak ada cangkang yang retak serta tidak terdapat residu antibiotik dan zat kimia lainnya.

Kredibilitas peternak

Jika Anda sudah mengetahui kredibilitas peternak, akan jauh lebih mudah mengetahui kondisi telur. Biasanya, peternak yang bagus tidak akan bermain-main dengan kualitas produk yang dihasilkan. Namun, langkah ini cukup sulit dilakukan jika Anda hanya konsumen biasa yang tidak mengenal peternak telur yang dibeli.

Warna kuning telur

Telur yang bagus akan memiliki warna kuning telur yang tidak pucat, berwarna oranye terang. Telur yang segar akan susah dikupas setelah direbus. Jadi, jangan kesal saat Anda mengupas telur rebus terasa sangat susah. Itu tandanya telur yang Anda beli masih bagus dan segar.

Tes sederhana

Untuk mengetahui lebih pasti mengenai kualitas kesegaran telur, Anda bisa melakukan tes perendaman telur. Telur yang baik akan tenggelam ke dasar wadah. Sementara itu, telur yang melayang sudah mengalami penurunan kualitas kesegaran. Apalagi, telur yang mengapung, sudah dipastikan telur sudah tidak segar, bahkan busuk.

Baca Juga:  Resep Cake Labu Putih Telur

Kuning telur

Kuning telur yang masih segar ketika cangkang dipecahkan tidak akan pecah. Jika kuning telur terlihat pecah, telur tersebut sudah tidak segar. Selain itu, telur yang segar saat dipecahkan tidak akan mengeluarkan bau busuk atau mengalami perubahan bentuk.

Loading...
Loading...