Tips Memperbaki Kelompok Ternak Kambing yang Kurang Bagus

Pertanianku Kelompok ternak kambing seharusnya bisa menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan usaha. Dengan berada di dalam kelompok ternak, para peternak kecil bisa saling membantu dalam menjalankan kegiatan usahanya sehingga hasil yang didapatkan bisa jauh lebih bagus dan optimal.

kelompo ternak kambing
foto: unsplash

Namun, sayangnya teori terkadang sering berbeda dengan realitas. Banyak kelompok ternak kambing yang mengalami hambatan karena kelompok tidak bisa berfungsi dengan baik. Tenang, kelompok tersebut masih bisa diperbaiki agar bisa berfungsi dengan benar.

Bantuan pemerintah

Loading...

Bantuan dari pemerintah seharusnya digunakan dengan baik untuk pengembangan usaha. Anggota kelompok peternak sebaiknya memang benar merupakan peternak agar bantuan yang biasanya diberikan oleh pemerintah bisa digunakan dengan baik untuk mengembangkan usaha peternakannya.

Namun, kenyatannya ada beberapa kelompok peternak dadakan di desa dengan susunan anggota yang bukan peternak. Hal tersebut menyebabkan adanya anggota kelompok yang malah menjual bantuan kambing tersebut sebelum beranak.

Perbaiki manajemen

Kelompok ternak yang sering mengalami masalah biasanya memiliki kesalahan pada manajemen pengurus kelompok, seperti penyelewengan keuangan. Hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan kekacauan jalannya usaha, apalagi jika dicontoh dengan anggota kelompok lainnya.

Banyak peternak yang beranggapan bantuan material sangat cukup untuk membantu kelompok ternak terus berkembang. Namun, pada kenyatannya banyak peternak yang masih sering mengabaikan cara pengelolaan dan manajemen yang baik sehingga usaha peternakan tidak bisa berjalan optimal.

Pembinaan anggota kelompok yang benar

Pembinaan harus didapatkan oleh seluruh anggota kelompok ternak, bukan hanya untuk ketua kelompok. Pembinaan berguna untuk meningkatkan pengetahuan peternak dalam menjalankan usaha. Dengan begitu, jika seluruh anggota mendapatkan pembinaan yang baik, usaha kelompok bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Lokasi Kandang Ayam Broiler yang Strategis

Ketika sumber daya manusia yang dimiliki kelompok bagus, mereka dapat terampil dalam menangani berbagai macam aktivitas peternakan, mulai dari pembuatan kandang, perawatan kandang, perawatan kambing, hingga pemasaran kambing.

Pengembangan kelompok

Sebaiknya, para anggota kelompok ternak tidak hanya andal dalam pengembangan jalur struktural, tetapi juga dalam aspek kulturalnya agar anggota bisa memiliki sikap berorganisasi yang bagus dan tertib.

Loading...
Loading...