Tips Mempercantik Rangkaian Bunga Segar

Pertanianku Rangkaian bunga segar sering digunakan sebagai hadiah atau pajangan dekorasi yang digunakan untuk acara-acara tertentu. Meskipun terlihat klasik, rangkaian bunga segar masih menjadi daya tarik yang memesona.

rangkaian bunga segar
foto: pixabay

Terlihat sederhana tetapi ternyata cara pembuatannya tidak mudah, butuh unsur seni dan ketelatenan berlatih agar mendapatkan rangkaian yang indah. Berikut ini beberapa tips belajar merangkai bunga segar.

Bunga yang dipakai harus benar-benar segar

Loading...

Untuk mendapatkan rangkaian yang indah, Anda harus benar-benar menggunakan bunga dan daun yang segar. Pilih bunga yang sudah dewasa atau sudah siap mekar, lalu potong serong dengan pisau yang tajam dan celupkan batangnya ke dalam ember yang berisi air bersih. Pilihlah bunga berdaun yang sudah tua dan tidak cacat, hindari daun yang masih muda atau pupus.

Foam basah

Foam merupakan media yang digunakan untuk menancapkan bunga segar. Foam ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko kerajinan. Seluruh bagian foam harus benar-benar dipenuhi dengan air. Sebelum digunakan, celupkan foam ke dalam air bersih dan biarkan selama ½ jam tanpa ditekan-tekan. Setelah itu, potong foam sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika tidak ada foam basah, Anda bisa menggunakan batang eceng gondok karena batang tersebut menyimpan banyak air dan bisa digunakan untuk menancapkan bunga segar.

Cara memperpanjang usia bunga dan daun

Bunga dan daun yang sudah dirangkai pasti terlihat indah dan pemiliknya pasti menginginkan daya simpan yang lama. Jangan khawatir, Anda bisa memperpanjang usia dengan beberapa cara. Jika bunga disimpan dalam ruangan ber-AC, lakukan penyemprotan air pada bunga dan daun dan tambahkan air pada foam di dalam vas.

Namun, jika bunga disimpan di ruangan tidak ber-AC, Anda cukup menambahkan air pada foam-nya saja dan simpan di ruangan yang terhindar dari sinar matahari.

Baca Juga:  Kunci Sukses Membuat Keripik Tempe yang Laris di Pasaran

Harmoni warna

Dalam menyusun rangkaian bunga, sebaiknya perhatikan harmoni warna dalam satu rangkaian agar terlihat cocok. Ada beberapa teori yang bisa Anda gunakan untuk memadukan warna-warna bunga dalam satu rangkaian, seperti warna analog dan warna kontras.

 

Loading...
Loading...